Tips Menata Buku Agar Terlihat Estetis

Menempatkan buku sehabis dibaca ke dalam rak begitu saja mungkin sudah menjadi hal biasa bagi para bookworm. Hal ini dilakukan agar buku tidak berceceran di mana-mana. Akan tetapi, kalau caranya begitu-begitu saja lambat laun akan terasa bosan juga.

Dengan beragamnya koleksi buku yang dimiliki, ternyata ada cara lain untuk menatanya agar terlihat rapi dan menarik. Bukan sekedar rapi dan menarik saja, hal ini juga dapat mempercantik tampilan suatu ruangan. Buku yang ditata rapi dapat memperpanjang usia buku dan juga memudahkan Bookish Journalers untuk mencarinya. Kesan estetis akan timbul setelah mengaplikasikan tips ini.

Nah, simak 8 cara menata buku berikut yang bisa Bookish Journalers ikuti.

1. Sesuaikan dengan genre

Sumber: Pinterest

Pilah-pilah sesuai genre buku yang Bookish Journalers sukai. Misalnya buku disusun dari genre komedi, romance, hingga horor. Kemudian taruh genre buku yang paling disukai pada bagian atas, lalu genre lainnya pada bagian bawah.

Buku yang disimpan paling atas biasanya akan mudah terlihat dan menarik perhatian si pembaca untuk membacanya kembali.

2. Sesuaikan dengan warna

Sumber: Pinterest

Buku akan terlihat lebih rapi dan sedap dipandang apabila disusun berdasarkan warna cover buku. Susun buku mulai dari yang cerah ke gelap atau disesuaikan dengan warna gradasi dari suatu buku.

Misalnya, buku NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini) karya Marchella FP diurutkan bersebelahan dengan Ini Untuk Kamu karya Menjadi Manusia dan beberapa buku lainnya yang memiliki cover berwarna biru. Pada rak bagian bawah diurutkan dengan buku cover berwarna oranye seperti buku Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson, lalu buku Kata: Tentang Senja yang Kehilangan Langitnya karya Rintik Sedu.

Dengan begitu, deretan buku yang disusun berdasarkan warna ini akan terkesan sedap dipandang dan menyejukkan mata.

3. Sesuaikan dengan seri

sumber: pinterest

Buku seri merupakan buku yang terdiri dari beberapa jilid yang memuat cerita bersambung. Jika Bookish Journalers suka dengan buku berseri dan mengoleksinya di rumah. Hal ini bisa jadi salah satu cara menata buku yang dapat diaplikasikan langsung.

Kumpulkan buku-buku berseri yang Bookish Journalers miliki. Urutkan berdasarkan seri pertama hingga akhir. Dengan begini, rak bukumu akan menjadi cantik.

Fun fact beberapa buku berseri best seller di Indonesia ialah Dilan 1990, Dilan 1991 dan Milea karya Pidi Baiq dan Supernova karya Dewi Lestari.

4. Susun secara horizontal dan vertikal

Sumber: Pinterest

Biasanya buku disusun secara horizontal atau vertikal. Tetapi, tata cara yang satu ini dilakukan dengan mengkombinasikan keduanya. Cara ini dapat dilakukan dengan menatanya secara random. Pada bagian kolom atas rak disusun secara horizontal, bagian kolom tengah disusun secara horizontal dan vertikal, kemudian pada bagian bawah disusun secara horizontal kembali.

Sesuaikan dengan selera Bookish Journalers ya! Mengkombinasikan kedua cara seperti ini dapat membuat karya seni yang indah.

5. Tambahan aksesoris

Sumber: Pinterest

Rak buku tak selalu harus berisikan buku-buku saja nih Bookish Journalers! Menyusun buku dengan tambahan aksesoris dapat membuat tampilan menjadi lebih estetik.

Bookish Journalers tinggal menambahkannya dengan akesesoris yang dimiliki seperti tanaman hias, boneka, kacamata, dan aksesoris lainnya. Barang-barang tersebut dapat diletakkan di sela-sela buku atau di ruang rak buku yang masih kosong.

6. Ganti rak buku

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Apabila ingin menimbulkan kesan estetis lainnya, Bookish Journalers bisa mengganti rak buku yang biasa dengan rak buku dari keranjang atau rak buku yang sudah didekorasi sesuai dengan keinginan seperti contoh yang ada di atas.

Dengan tips ini, koleksi buku-buku yang Bookish Journalers miliki akan terlihat rapi dan estetis. Otomatis akan menambah minat membaca dan mengoleksi buku yang lainnya juga bukan? Segera terapkan yuk!

Jangan lupa tambahkan koleksi buku Bookish Journalers lainnya melalui Grobmart.com.

Penulis: Ayu Pratiwi

Editor: B. Romansha


Share your thoughts