Tiga Buku Self Help yang Siap Mengubah Cara Pandang Hidupmu

Kategori buku self help memang sering dianggap buku yang berat dan membosankan untuk dibaca. Tapi akhir-akhir ini banyak pembaca yang mulai menggemari buku ini. Bisa jadi ini dipengaruhi oleh kebutuhan, perkembangan zaman yang sangat cepat dan keinginan untuk mengubah kepribadian yang kurang baik. Dibawah ini kami merekomendasikan tiga judul buku yang wajib dibaca untuk kamu yang sedang mencari self help.

  1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson

Buku dengan judul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson ini sangat sesuai untuk kamu yang sedang merasa sulit menghadapi kehidupan atau merasa sedang berada di titik terendah dalam hidup. Sebagai manusia memang kita terkadang bisa merasa sedih, bahagia, putus asa atau menyerah. Semua perasaan itu memang wajar. Tapi jika kamu terus memikirkan semua hal dalam hidup maka otak akan penuh dan kehidupan terasa lebih rumit.

Karena itulah Mark Manson menjabarkan sebuah seni untuk memilih bersikap bodo amat. Mungkin judul buku ini memang terdengar aneh, karena pasti kamu bertanya, kok mau bersikap bodo amat saja ada seninya?

Ternyata dalam penjelasan yang lugas dari Mark Manson, memang untuk bersikap bodo amat harus dilakukan dengan pemikiran seni. Karena itu ada tiga kunci utama yang dijelaskan dalam buku ini. Yang pertama adalah bersikap bodo amat pada semua rintangan dan perjuangan untuk mencapai impian yang tinggi agar bisa menikmati tahap untuk mencapai tujuan. Yang kedua adalah bersikap bodo amat pada hal-hal yang kurang penting dan mulai memilih mana hal penting yang harus menjadi prioritas. Kemudian yang ketiga berisi gabungan dari seni pertama dan seni kedua yaitu pilih saja hal paling penting dalam hidup ketika usia dan pemikiran semakin dewasa.

Nah penasaran kan dengan buku yang berjudul asli The Subtle Art of Not Giving a F*ck ini? Langsung saja ya baca bukunya.

2. The Achievement Habit karya Bernard Roth

The Achievement Habit karya Bernard Roth

The Achievement Habit: Berhenti Berharap, Mulai Lakukan, dan Ambil Kendali Hidup Anda, yang ditulis oleh Bernard Roth bisa jadi sebuah buku yang membuat Anda tidak putus asa dan mulai melakukan sesuatu. Buku yang sudah diterbitkan sejak 2016 ini telah menjadi rujukan untuk pelajar, mahasiswa, kalangan profesional dan umum yang ingin mengubah hidup dengan tindakan pasti. 

Konsep buku ini tidak hanya tentang self help yang dikombinasikan dengan berbagai cara, tetapi disisipkan juga tentang biografi Bernard Roth. Pemikiran utama yang ditularkan oleh penulisnya adalah melakukan tindakan untuk mendapatkan prestasi dan melakukan usaha lebih baik daripada tidak sama sekali. Hal ini membuat pembaca berpikir bahwa ketika ingin mencapai keinginan yang lebih tinggi maka tidak boleh hanya dengan diam saja, tetapi harus berusaha.

Lalu dijelaskan juga mengenai tindakan self help yang mengacu pada desain pikiran. Artinya setiap masalah harus diatasi dengan cara yang benar dengan membuat desain atau kerangka pemecahan masalah. Kasus-kasus yang diungkap dalam buku ini dialami sendiri oleh penulisnya ketika menghadapi berbagai masalah di Stanford’ D school.

Hal yang menarik lagi dari buku ini adalah pembaca dapat belajar bahwa alasan hanya dianggap sebagai omong kosong. Artinya ketika kamu memberi alasan untuk tindakan yang tidak benar atau perilaku yang tidak jujur maka itu hanyalah hal yang tidak berguna. Jadi kalau mau memberi alasan maka harus memikirkan bahwa alasan itu masuk akal dan ideal.

Masih banyak hal lagi yang bisa kamu pelajari dari buku ini.

3. Putting The One Minute Manager To Work karya Ken Blanchard & Robert Lorber, Ph. D.

Putting the One Minute Manager to Work karya Ken Blanchard dan Robert Lorber, Ph.D.

Buku ini terbit pertama kali pada tahun 1982 yang kemudian langsung menjadi best seller. Melihat efeknya yang sangat besar akhirnya buku ini diterjemahkan ke lebih dari 37 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Sesuai judulnya, buku ini menjelaskan mengenai pekerjaan manajemen seperti bagaimana cara meningkatkan produktivitas, menjalin komunikasi di lingkungan kerja dan cara untuk meningkatkan semangat karyawan.

Dari buku ini bisa dipelajari tiga pekerjaan yang harus dilakukan oleh level manajer untuk karyawan yaitu:

  • Buat tiga tujuan untuk karyawan Anda dan tinjau dalam waktu satu menit atau kurang.
  • Luangkan waktu selama 60 detik atau kurang untuk memuji karyawan ketika mereka bisa melakukan tugas dengan baik dan memuaskan.
  • Berikan teguran selama 60 detik atau kurang jika karyawan melakukan kesalahan atau Anda tidak puas dengan pekerjaan mereka.

Nah untuk judul buku yang terakhir ini memang diperuntukkan untuk pekerjaan manajemen. Tapi tidak ada salahnya jika dibaca semua orang karena pasti kelak akan bermanfaat.

Itulah tiga judul buku self help yang akan bermanfaat untuk hidup kamu. Pastinya buku-buku ini nyaman untuk dibaca karena kalimatnya yang memotivasi dan membuat kamu lebih bersemangat lagi.

Share your thoughts