Tingkatkan Minat Baca dengan Desain Unik dari Rak Buku Ini

Bagi sebagian orang buku menjadi salah satu bagian dari hidupnya. Tak jarang orang-orang menyisihkan anggaran khusus untuk membeli sebuah buku. Seiring berjalannya waktu, buku-buku ini menjadi menumpuk dan membutuhkan tempat khusus agar terlihat rapi. Umumnya tempat buku ini adalah sebuah rak berbahan kayu yang berbentuk persegi panjang dan terdapat sekat-sekat sebagai penyangganya.

Rak sederhana ini sudah banyak dimiliki orang-orang dan biasanya memakan tempat. Dengan desain yang umum, maka muncullah desain-desain baru untuk rak buku. Desain unik ini dapat memperindah serta menghemat ruang.

Bookish Journalers pasti tidak ingin koleksi buku-bukunya menjadi usang hanya karena digelatakkan begitu saja bukan? Yuk ikuti desain-desain unik di bawah ini:

1. Rak buku sekaligus kursi

Sepertinya sangat nyaman duduk di kursi ini ya Bookish Journalers! Duduk bersantai-santai sambil membaca buku kesayangan kalian. Desain ini cocok untuk tren rumah yang minimalis. Furnitur multifungsi seperti ini sangat diperlukan karena tidak memenuhi tempat.

2. Rak buku samping tangga

Bagi yang memiliki tempat tinggal bertingkat. Tangga dapat dimanfaatkan menjadi rak buku. Gunakan sela-sela yang terdapat di samping tangga dengan mengukirnya menjadi sekat-sekat untuk menaruh buku.

Tak hanya buku, sekat ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh koleksi barang lainnya yang Bookish Journalers miliki.

3. Rak buku pohon

Booktree Shelves  merupakan nama lain dari rak yang berbentuk pohon. Rak buku yang terbuat dari kayu ini menciptakan suasana hangat yang diharapkan dapat menimbulkan minat membaca. Ide tersebut berasal dari desainer bernama Kostas Syrtariotis.

Dengan bentuknya yang seperti pohon serta dahan-dahan di sampingnya, rak ini siap menopang koleksi buku-buku milik Bookish Journalers.

4. Rak buku transparan

Sekilas desain ini terlihat seperti rak yang tak memiliki penyangga alias transparan. Miron Lor mendesainnya dengan sangat inovatif serta mudah untuk ditiru. Conceal Book Shelf yang merupakan nama dari desain ini diperuntukan untuk koleksi buku yang minim, karena hanya dapat menopang 7kg buku saja.

5. Rak buku gantung

Augustav sang desainer membuat rak buku gantung yang sangat efektif dalam hal menghemat ruangan. Pembuatannya cukup mudah untuk ditiru. Kayu oak dirangkai membentuk seperti gantungan dan kemudian ditempel ke dinding.

Pastikan disetiap gantungannya hanya terdapat satu buku yang digantung Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan gantungan dan minimnya beban dari setiap gantungan.

Memanfaatkan rak buku sebagai pernak-pernik rumah merupakan ide yang luar biasa. Selain buku-buku yang tertata rapi, diharapkan minat baca akan semakin bertambah dengan adanya desain-desain yang unik pada rak buku.

Desain ini bisa dikomunikasikan dengan tukang furnitur sesuai selera dan kebutuhan yang diinginkan. Tunggu apalagi, desain rak bukumu sekarang!

Penulis: Ayu Pratiwi

Editor: B. Romansha

Share your thoughts