Mempelajari Konsep Uchi & Soto: Budaya Jepang, dari Keluarga ke Korporasi Karya Hasanudin Abdurakhman

Uchi & Soto: Budaya Jepang, dari Keluarga ke Korporasi karya Hasanudin Abdurakhman

Hai Bookish Journalers! Setiap negara memang memiliki kebudayaan dan aturan yang berbeda. Indonesia dan Belanda tidak sama, begitu juga Indonesia dan Jepang. Hal ini berlaku untuk semua negara di dunia. Interaksi antar budaya biasanya menyebabkan rasa terkejut atau disebut juga dengan culture shock. Perbedaan ini bisa menyebabkan perubahan ke arah yang positif dan negatif.

Hal ini juga yang dijelaskan oleh Hasanudin Abdurakhman dalam bukunya yang berjudul Uchi & Soto. Penulis yang saat ini menjadi General Manager for Business Development di salah satu perusahaan Jepang di Jakarta membawa tema buku yang akan membuat kita penasaran dengan kebiasaan masyarakat Jepang.  Hasanudin Abdurakhman sendiri pernah tinggal lama di Jepang saat menempuh pendidikan Doktor dalam bidang Fisika Terapan di Universitas Tohoku, Jepang. Beliau juga pernah menjadi peneliti di dua universitas di Jepang.

Pengalaman panjang tersebut akan membuat pembaca untuk bisa memahami penjelasan mengenai konsep uchi dan soto. Uchi dalam bahasa Jepang memiliki dua arti yaitu ‘dalam’ dan ‘rumah’. Sementara soto berarti ‘luar’. Dalam hal ini hubungan uchi dan soto menjadi posisi bagi masyarakat Jepang dalam menempatkan dirinya. Uchi bisa menjadi bagian yang paling dekat dari posisinya misalnya keluarga atau rumah. Contohnya adalah orang Jepang yang bekerja di sebuah perusahaan, mereka akan selalu memperkenalkan dirinya dari nama perusahaan itu baru nama dirinya.

Konsep uchi dan soto ternyata tidak hanya berlaku untuk posisi masyarakat Jepang saja, tapi juga dalam tata bahasa Jepang, hubungan antara keluarga dan perusahaan, konsep bisnis dan bidang lain. Mungkin sekilas memang terlihat rumit untuk memahami konsep uchi dan soto ini. Tetapi Hasanudin Abdurakhman menjelaskan secara gamblang yang dihubungkan dengan pengalamannya secara langsung ketika tinggal, berinteraksi dan terlibat dengan masyarakat Jepang.

Nah, kamu mau memiliki kebiasaan baik seperti orang Jepang? Baca dan pelajari cara lengkapnya dalam buku Uchi & Soto yang ditulis oleh Hasanudin Abdurakhman ya…

Buku Uchi & Soto karya Hasanudin Abdurakhman menjelaskan dengan pendekatan yang paling mudah dipahami tentang budaya korporasi Jepang. Konsep budaya ini dikenalkan langsung berdasarkan pengalaman penulis yang lama tinggal di Jepang dan masih berhubungan dengan budaya Jepang hingga saat ini.

Penulis: Artrias Setiawan

Editor: B. Romansha

Share your thoughts