“Ini Untuk Kamu” Persembahan dari Platform Social Menjadi Manusia

Ini Untuk Kamu (2019)

Surat menjadi salah satu jawaban tepat untuk meluapkan perasaan bagi orang-orang yang tak mampu mengungkapkannya secara langsung. Ada makna indah di balik goresan kata-kata yang dirangkai sedemikian rupa di hati sang penulis dan si pembaca.

Sebuah platform sosial bernama Menjadi Manusia mewakili pesan-pesan manusia yang tak tersampaikan menjadi sebuah buku. Menjadi Manusia yakin dengan membaca buku yang berjudul Ini Untuk Kamu, akan ada banyak orang yang merasa kisahnya serupa dengan sekumpulan surat-surat ini.

Ini Untuk Kamu merupakan sebuah buku yang mengajak orang-orang untuk ikut berpartisipasi  dalam buku tersebut dengan mengirimkan sepucuk surat yang ditujukan untuk orang terkasih. Surat-surat tersebut diakurasi oleh Menjadi Manusia. Selama tiga puluh hari penuh pada awal tahun 2019 lalu, Menjadi Manusia mengumpulkan surat-surat ini dari media sosial. Lewat 8 pertanyaan yang diberikan oleh Menjadi Manusia ini yang menjadi perwakilan dari setiap bab dalam buku tersebut.

Diketahui ada 2.983 surat di dalam kotak surat Menjadi Manusia dan 12 diantaranya merupakan surat yang ditulis tangan, serta 8.009 melalui media sosial Instagram. Hanya ada 160 surat terbaik yang dapat menyuarakan pesan-pesan dibalik kata-kata yang tak pernah terucap. Beberapa foto juga diselipkan sebagai pelengkap. Sisa surat lainnya akan divisualisasikan melalui channel Youtube Menjadi Manusia, dengan begitu tidak akan ada surat yang tak tersampaikan.

Teruntuk kamu yang ku kira terbaik,

Kau tau?

Sempat aku merasakan hari-hari terasa berat, sesak, memendam kesal.

Tapi kau tak perlu khawatir, sesuai pintamu “cari saja orang yang lebih baik dari aku”.

Ya, permintaanmu terwujud.

SNI

Cirebon

Ada kalanya, lisan tak mampu menyampaikan pesan seistimewa aksara.

Temukan surat selengkapnya di buku Ini Untuk Kamu. Pre-order dibuka pada 29 Maret hingga 2 April 2019. Jangan sampai kehabisan ya Bookish Journalers, kalian bisa langsung pesan di Grobmart.

Sedikit ulasan singkat tentang Menjadi Manusia. Platform yang satu ini juga ingin berbagi dan mendengar cerita-cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang. Harapannya ingin menjadi tangga untuk mereka yang memiliki persoalan dalam hidupnya.

Penulis: Ayu Pratiwi

Editor: B. Romansha

Share your thoughts