Cara Jitu Membeli Buku Online agar Terhindar dari Penipuan

Dewasa ini perkembangan teknologi dan informasi mulai meningkat pesat. Dengan adanya teknologi, orang-orang dapat dengan mudah mendapatkan hal-hal yang diinginkan secara cepat. Sistem online menjadi inovasi baru, terutama dalam industri buku. Selain sistem kerjanya yang praktis, biasanya toko buku online kerap menawarkan potongan harga yang bisa menjadi cara lain untuk berhemat.

Saat ini sudah tersedia banyak toko buku berbasis online. Namun, pecinta buku harus berhati-hati dalam membeli buku online. Pasti ada saja oknum-oknum yang akan memanfaatkan sistem online ini demi keuntungan pribadinya.

Bookish Journal mau berbagi tips-tips agar terhindar dari penipuan tersebut, simak poin-poin bawah ini yuk!

1. Perhatikan profil toko buku online tersebut

Mulai dari syarat dan ketentuan pembeliannya. Kredibilitas pelayanannya. Kontak atau alamat yang bisa dihubungi yang dapat dipercaya keberadaanya.

2. Carilah toko buku dengan koleksi buku yang selalu update dan lengkap

Maksimal update dari sebuah toko adalah per-satu bulan. Jika memang toko buku online tidak menyediakan buku yang Bookish Journalers cari, bukan berarti toko buku online tersebut menipu. Jika profil toko dan ulasannya positif, bisa jadi memang toko tersebut menjual koleksi buku yang terbatas.

3. Adanya garansi bagi setiap transaksi yang dilakukan

Jika buku yang dipesan mengalami kerusakan seperti cacat produksi, rusak pada saat pengiriman, tidak sesuai dengan buku yang dipesan, dan kelengkapan tidak sesuai. Customer akan mendapatkan garansi penukaran buku dengan cacatan memiliki bukti pembelian dan bukti pembayaran, dengan jangka pengembalian buku sesuai waktu yang diberikan pihak toko buku online tersebut.

4. Pastikan buku yang dibeli tidak bajakan

Cara untuk memastikannya adalah  dengan membandingkan harga ke toko buku online lainnya. Misalnya harga buku Rp100.000, toko tersebut memberikan harga Rp40.000 untuk buku baru, bisa jadi buku tersebut bajakan. Karena harga yang ditawarkan jauh merosotnya dari harga asli. Lain halnya jika kalian membeli di toko buku bekas (preloved), buku preloved biasanya dijual dengan harga murah.

5. Perhatikan metode transaksinya

Penggunaan rekening bersama lebih aman dalam transaski jual beli. Atau jika ada sistem cash on delivery (COD), biasanya akan memudahkan pembeli untuk mengenali toko buku yang bukan tipuan. Sistem ada barang, ada uang lebih menyenangkan.

6. Mengetahui reputasinya.

Cari tahu di kolom komentar pelanggan yang biasanya terdapat di bawah web. Melalui review dari pembeli tersebut, calon pembeli dapat menilai tingkat reputasi dari suatu toko buku online.

Demikian ulasan mengenai cara jitu membeli buku online agar terhindar dari penipuan.

Ada banyak sekali situs yang rekomendasi untuk menemukan buku yang Bookish Journalers inginkan. Terutama berbelanja di Grobmart yang sudah pasti no tipu-tipu!


Share your thoughts