Bambi: Kehidupan di Dalam Hutan Karya Felix Salten yang Pernah Menjadi Buku Terlarang

Pada bulan April lalu penerbit Gramedia Pustaka Utama baru meluncurkan buku klasik yang berjudul Bambi : Kehidupan di Dalam Hutan. Sebuah karya dari Felix Salten yang berjudul asli Bambi: Eine Lebensgeschichte aus dem Walde. Sampai sekarang buku ini sudah diterjemahkan dan diterbitkan ke lebih dari 30  bahasa di seluruh dunia. Tapi siapa sangka ternyata  buku ini pernah menjadi buku yang paling terlarang di dunia. Bahkan untuk mendapatkan edisi cetakan buku pertama ini saja sudah sangat langka.

Buku ini mengisahkan kehidupan Bambi, seekor rusa yang tinggal di dalam hutan dan melewati harinya dengan bahagia. Bambi memiliki banyak teman dan sepupu yang bernama, Gobo dan Faline. Sayangnya, ayah Bambi yang tampan dan berwibawa selalu menjelajah hutan dan tidak pernah pulang untuk Bambi dan induknya. Kehidupan Bambi  berjalan melewati musim demi musim sampai tiba di musim dingin. Bambi tersadar bahwa kehidupan di hutan penuh dengan bahaya. Belum lagi dengan kehadiran manusia yang datang dengan senjata untuk melukai binatang. Ditengah semua masalah itu, Bambi terus tumbuh menjadi rusa jantan yang tampan dan kuat.

Bambi adalah novel Austria yang terbit pada tahun 1923. Karya Felix Salten ini pertama kali diterbitkan oleh Ullstein Verlag. Kemudian pada tahun 1928. Bambi diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Whittaker Chambers, sampai akhirnya diterbitkan oleh Simon & Schuster. Itulah awal mula kisah Bambi mulai mendunia. Kemudian Felix Salten berhasil menerbitkan sekuel Bambi yang berjudul Bambis Kinder, eine Familie im Walde (Bambi’s Children) pada tahun 1939. Bambi terus menjadi kisah yang menarik dan semakin populer. Bahkan pada tahun 1942 Bambi masuk dalam “book of the month” di Amerika Serikat dengan penjualan yang menembus angka 650.000 eksemplar. Selain itu, Walt Disney juga mengadaptasi cerita ini menjadi sebuah film animasi berjudul Bambi pada tahun 1942.

Sampai akhirnya pada tahun 1939 Bambi dilarang beredar oleh Nazi Jerman. Bambi dianggap mengisahkan perlakuan Jerman terhadap orang-orang Yahudi yang tinggal di Eropa. Akibatnya semua buku Bambi yang ditemukan dibakar oleh tentara sampai akhirnya Bambi menjadi buku yang sangat langka.

Ternyata Bambi tidak hanya menjadi buku yang penuh dengan kisah menarik dan banyak pelajaran moral di dalamnya, tapi Bambi pernah melewati masa-masa sulitnya. Sekarang untuk membaca Bambi tidak perlu takut dilarang, Bambi bisa Bookish Journalers temukan di toko buku terdekat dan toko buku online. Yuk kita baca kisah Bambi : Kehidupan di Dalam Hutan

Penulis: Artrias Setiawan

Editor: B. Romansha

Share your thoughts