Tips-tips Menulis Ala Faradita

Halo Bookish Journalers! Kali ini kami berkesempatan untuk bincang-bincang bareng penulis Invalidite (2018) yaitu Faradita. Fara, sapaan akrabnya, hobi banget membaca buku dari kecil. Setelah mengenal platform menulis Wattpad, barulah Fara aktif menulis dan mengunggah hasil tulisannya tersebut. Kali ini Faradita berbagi tips-tips menulis pada Bookish Journal. Yuk simak apa aja tips-tipsnya di bawah ini 🙂

1. Harus konsisten menulis setiap hari

Salah satu kunci keberhasilan adalah dengan konsisten. Dalam hal ini tentunya konsisten dalam menulis. “Aku membiasakan diri aku sendiri untuk menulis setiap hari. Nulis aja, paling enggak satu paragraf. Enggak peduli itu tulisannya nyambung atau enggak nyambung, yang penting nulis. Aku lagi nyiptain kebiasaan baru, kalo aku enggak menulis itu rasanya enggak enak”, tutur Fara. Selelah apapun, Fara selalu menyempatkan waktunya untuk menulis. Tentang hal-hal random atau pengalaman yang menurutnya menarik di hari itu. Hal ini bisa banget untuk kita terapin di keseharian dan membuat kebiasaan baru. Hal ini juga akan mengasah kemampuan menulis.  

2. Jangan mendengarkan komentar negatif

Menurut Fara komentar-komentar negatif akan menghambat proses menulis. Jangan karena membaca komentar-komentar tersebut, kita langsung berhenti menulis. “Kita enggak bisa membuat semua orang sama apa yang kita lakuin, termasuk dengan cerita. Orang-orang punya taste yang beragam dalam membaca buku. Kita enggak bisa bikin semua orang suka dengan cerita kita, pasti akan ada yang enggak suka dan hal itu pasti ada, walaupun kita udah nulis bagus banget. Hal itu wajar terjadi. Kita enggak boleh berenti gara-gara hal itu”, jelas Fara. “Semua orang yang ingin jadi penulis berharap bukunya bisa diterbitkan, apalagi kalau bisa sampai bestseller dan banyak yang suka. Untuk mencapai tahap itu enggak bisa instan, sama seperti melakukan hal apapun. Jadi untuk bisa sampai ke titik yang kalian mau, kuncinya jangan dengerin orang dan terus nulis.”

3. Jangan malas!

Memang kalau lagi malas, untuk bergerak aja rasanya susah banget. Tidur-tiduran di kasur sambil menatap layar ponsel sudah menjadi pilihan yang utama. Eittss tapi kalau terus-terusan begitu, kapan kita akan maju ya? Yang ada kita malah hanya berjalan di tempat. Kalau kalian punya masalah dengan rasa malas ini, Fara punya tipsnya lho! “Harus ngelawan rasa males. Jangan banyak ngeluh. Dari pada ngeliat terus ke atas, lebih baik ngerjain hal yang kita bisa”, ujar Fara. Jadi jangan tunduk dengan yang namanya malas ya! Menunda-nunda waktu untuk menulis dengan dalih “lagi enggak mood” is a big NO NO.

Nah itu dia Bookish Journalers 3 tips menulis ala Faradita, penulis dari Secret Admirer, SIN, dan Invalidite. Selain itu tim Bookish Journal juga berkesempatan untuk bincang-bincang dengan Fara. Videonya bisa kalian tonton di bawah ini.Seperti biasa ada juga giveaway yang berhadiah novel Invalidite dengan tanda tangan dan merchandise Bookish Journal. Cara ikutannya gampang banget, tinggal ikuti ketentuan-ketentuan yang ada di deskripsi video Author Challenge ya, semoga beruntung! 😀

Share your thoughts