Ragam Komunitas Buku di Instagram

Bookish Jounalers punya akun Instagram, kan? Malah, sering dibuat lupa waktu karena scroll timeline terus atau ubek-ubek bagian Explore?

Itu tidak bagus juga, kan. Niatnya ingin berteman dan menambah pengetahuan akan hal baru, malah kita yang kesulitan menyediakan waktu untuk kegiatan lain yang jauh lebih penting.

Yang penting, pintar-pintar bagi waktu saja, ya. Setuju?

 

Nah, di Instagram juga ada banyak komunitas yang bisa kita ikuti sesuai minat kita.

Bookish Journalers pasti suka membaca. Mungkin suka juga menulis review dari buku yang telah dibaca? Mungkin suka foto-foto buku? Mungkin suka menulis buku?

 

Bookish Journal punya beberapa rekomendasi komunitas buku di Instagram, nih, buat kamu.

Yuk, follow akun-akun ini dan ikuti kegiatan mereka yang seru-seru!

 

 

Pembaca dan Peresensi Buku

readersquad.id

 

ReaderSquad adalah sebuah komunitas online yang berisi sekumpulan orang yang suka membaca. Komunitas yang sebentar lagi berusia 1 tahun ini mempunyai motto “semoga selalu berkah dan rendah hati”.

Selama ini ReaderSquad gencar melakukan kampanye membaca secara online lewat kegiatan rutin membaca bersama. Buku yang dibaca sudah disepakati atau pun dalam bentuk kerja sama dengan penerbit maupun penulis lokal.

Selain itu, ReaderSquad juga mulai aktif melakukan kegiatan offline. Misalnya, kopi darat antaranggotanya di beberapa daerah seperti Jakarta dan Bandung, melakukan kampanye membaca di beberapa tempat umum seperti Car Free Day atau taman kota lewat kegiatan bertajuk Teras ReaderSquad, juga berpartisipasi dalam festival buku.

Kegiatan yang dilakukan ReaderSquad, baik online maupun offline, dapat diikuti semua orang (tidak terbatas untuk anggota). Selain aktif di Instagram @readersquad.id, kamu juga bisa menemui mereka di LINE Square goo.gl/zfLKZL.

 

tourianpeekybook

 

Peeky Book Tourian hadir sebagai media dalam menjembatani penerbit atau penulis yang sedang mencari bookstagrammer atau blogger buku untuk mengulas buku terbitan mereka. Kita yang berminat tinggal mencantumkan data diri sesuai yang diminta pada postingan Looking for Gengstagrammer buku yang ingin kita baca dan ulas.

Di Instagram @tourianpeekybook juga kerap mengadakan kegiatan obrolin buku atau baca bersama yang tidak terkait dengan buku-buku persembahan penerbit.

Selain itu, di Instagram @tourianpeekybook atau pun di grup LINE Peeky Book Tourian juga kerap mengadakan kegiatan bincang santai dengan narasumber seperti penulis, editor, reviewer buku, dan lain lain.

 

 

Pembaca dan Fotografer Buku

bookish_indonesia

 

 

Kalau kamu suka memfoto-foto buku, ketika kamu post di Instagram kamu bisa tambahkan tagar #bookish_indonesia . Dengan itu, hasil jepretanmu berkesempatan di-repost oleh @bookish_indonesia .

Kamu juga bisa lihat-lihat akun mereka yang mem-feature foto-foto cantik. Bisa jadi inspirasi, nih, buat jeprat-jepret.

Mereka juga suka mengadakan tantangan membaca yang temanya berbeda setiap bulan.

 

 

bookstagramindonesia

 

 

 

Akun @bookstagramindonesia juga siap berbagi foto-foto kerenmu. Kamu tinggal tambahkan tagar #bookstagramindonesia di postinganmu.

Lewat akun ini, kamu bisa berkenalan dengan para bookstagrammer (orang yang suka mem-posting foto buku di Instagram) dan memperkaya pilihan bacaanmu.

 

 

 

 

Penulis dan Pembaca Wattpad

 

Wattpadindo

 

Kamu suka baca cerita di Wattpad? Atau, menulis di sana? Akun @wattpadindo gemar membagikan kutipan-kutipan dari platform tersebut. Bila kamu pembaca, kamu bisa main ke sana dan kalau menemukan kutipan menarik, kamu bisa kepo ke ceritanya, deh. Kalau kamu suka nulis, kamu bisa unggah kutipan ceritamu di Instagram dan tag akun ini. Siapa tahu di-repost.

Akun lain yang dimiliki mereka adalah Instagram @wattpad_rekomendasi, line@ @syu1113k, dan Wattpad wttpadindo.

 

 

 

 

 

Jadi, jangan jatuh cinta sendirian lagi sama buku. Banyak teman-teman yang menunggumu untuk ngobrolin buku!

 

4 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Dwi Meireply
February 10 at 12:02 PM

Haaaii bookishjournal! Aku gak tahu ini ternyata blognya grobmart juga:’) selamat buat soft openingnya. Dann wowwww oke banget blognya! Semoga membantu para bookworm bersatu(?)

BTW, infonya membantu banget. Langsung follow nih akun-akun diatas?

Sukses terus bookishjournal!?

J Journalreply
February 14 at 09:02 AM
– In reply to: Dwi Mei

Terima kasih! Amin. 🙂

Ulfa Zuliareply
February 12 at 08:02 PM

Aku udah follow semua akun diatas yeaay dan feed instagram mereka emang menarik banget buat diikutiin:”)
Btw, aku sukaaa banget sama penampilan baru web Bookish Journal, lebih kece^^

J Journalreply
February 14 at 09:02 AM
– In reply to: Ulfa Zulia

Yeay! 😉

Leave a reply