Pasti Baper Dengan 7 Rekomendasi Novel Romance Ini!

Halo Bookish Journalers! Siapa di antara kalian yang hobi baca buku dengan genre romance? Bookish Journal punya 7 rekomendasi novel-novel romance yang bisa bikin kamu baper dan gemes lho! Dilansir dari laman goodreads.com, menurut Romance Writers of America ada dua elemen dasar yang terdapat pada setiap novel romantis. Pertama, cerita cinta yang menjadi poin sentralnya. Kedua, dalam ceritanya terdapat hal yang membuat emosi–yang berhubungan dengan rasa cinta–kita terpuaskan dan akhir yang optimis. Ini dia rekomendasi novel-novel romance ala Bookish Journal.

 

1. Eleanor and Park Karya Rainbow Rowell

Novel Eleanor & Park karya Rainbow Rowell

 

Novel ini diceritakan dalam dua sudut pandang, Eleanor dan Park. Park adalah laki-laki blasteran Korea-Amerika. Eleanor digambarkan sebagai perempuan yang bertubuh gemuk, memiliki rambut merah ikal dengan mata berwarna gelap. Dengan fashion-nya yang dianggap aneh di hari pertamanya sekolah di sekolah baru, tidak ada orang yang mau berbagi tempat duduk di bus sekolah. Satu-satunya yang memberikan Eleanor tempat duduk adalah Park. Sejak saat itu mereka sering bertukar komik dan lagu-lagu favorit. Cerita ini berlatar belakang di akhir tahun 1980an. Jadi kalian juga bisa mendapatkan perspektif baru mengenai cerita romantis yang berlatar belakang di tahun 1980an. Jangan bayangkan ada smartphone dan aplikasi chatting dalam novel ini yaa hehe. Selain kisah cinta antara Eleanor dan Park, novel ini juga mengangkat isu lainnya seperti children abuse dan bullying.

 

2. To All the Boys I’ve Loved Before Karya Jenny Han

Novel To All the Boys I’ve Loved Before karya Jenny Han

 

Mengutip wawancara Jenny Han dari laman ronreads.com, ide cerita To All the Boys I’ve Loved Before didasarkan oleh pengalaman pribadi Jenny Han sendiri. Sama seperti Lara Jean, Jenny Han dulu menulis surat-surat untuk laki-laki yang pernah ia sukai dulu. Tetapi surat-surat yang ia tulis tidak sampai tersebar seperti surat milik Lara Jean kok 🙂 Novel bestseller ini juga sudah diadaptasi ke dalam bentuk film bulan Agustus 2018 Lalu. Lara Jean menulis surat kepada semua laki-laki yang pernah ditaksirnya dan menyimpannya di boks, namun suatu hari surat-surat tersebut hilang. Seseorang telah mengirimkan surat-surat tersebut kepada laki-laki yang pernah disukai Lara Jean. Hmmm siapa ya kira-kira yang mengambil dan menyebarkan surat tersebut?   

 

3. Flipped Karya Wendelin van Draanen

Novel Flipped karya Wendelin Van Draanen

 

Sama seperti novel Eleanor & Park, Flipped diceritakan dari dua sudut pandang, Juliana Baker dan Bryce Loski. Juli digambarkan sebagai perempuan yang ceria, aktif, dan mempunyai pikiran yang positif. Juli dan Bryce bertetangga sejak mereka masih kecil. Menurut Juli ia jatuh cinta pada pandangan pertama pada Bryce. Menurutnya juga, Bryce memiliki sepasang mata biru yang sangat indah. Seperti judul bukunya, akan ada peristiwa yang membuat Juli dan Bryce merasa “jungkir balik”. Novel komedi-romantis yang bisa bikin ketawa dan senyum-senyum sendiri. Saya sendiri suka banget dengan karakter Juli yang selalu bersemangat dan ceria. Ia melihat suatu hal dari sisi positifnya. Karena diceritakan dari dua sudut pandang, pembaca jadi tahu masing-masing pikiran dan perasaan kedua tokoh utama.

 

4. Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari

Albuk Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari

 

Semesta punya caranya sendiri untuk mempertemukan dan mempersatukan satu orang dengan yang lainnya. Semesta juga punya caranya sendiri untuk mengatur pertemuan tersebut. Juang Astrajingga jatuh cinta kepada Ana Tidae. Namun banyak rintangan yang perlu mereka hadapi untuk bersatu. Selain hubungan romantis antara Juang dengan Ana, novel ini juga menggambarkan hubungan keluarga. Juang memiliki hubungan yang berjarak dengan ayahnya. Buku ini juga dilengkapi dengan CD album yang terdiri dari 14 lagu. Sambil membaca ceritanya, kalian juga bisa sambil menikmati musiknya.

 

5. Autumn in Paris Karya Ilana Tan

Novel Autumn in Paris karya Ilana Tan

 

Seri ketiga dari Tetralogi Empat Musim karya Ilana Tan ini bercerita mengenai Tara Dupont, perempuan blasteran Indonesia-Perancis. Kedua orangtuanya sudah bercerai dan Tara tinggal bersama ayahnya di Paris. Singkat cerita Tara bertemu dengan Tatsuya Fujisawa, seorang arsitek yang sedang memiliki proyek Paris. Lama-kelamaan mereka menyimpan rasa suka terhadap satu sama lain. Namun ada suatu hal yang membuat mereka tidak bisa bersatu. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu saat membaca novel ini. Bookish Journalers enggak mau kan kalau air matanya jatuh ke lembaran kertas novelnya, bukan? =’)

 

6. Prom and Prejudice Karya Elizabeth Eulberg

Novel Prom and Prejudice karya Elizabeth Eulberg

 

 

Novel romance yang satu ini bisa dibilang sebagai versi modern-nya dari novel klasik karya penulis Inggris Jane Austen, Pride and Prejudice. Bercerita tentang Elizabeth “Lizzy” Bennet yang bersekolah di Akademi Longburn dengan beasiswa. Di sekolah elit tersebut status anak beasiswa dianggap sebagai aib. Namun dengan kehadiran Jane, sahabat baiknya, hari-hari Lizzy di sana tidaklah terlalu buruk. Singkat cerita Lizzy mengenal Will Darcy–teman dari pacar Jane, Charles. Awalnya Darcy bersikap dingin pada Lizzy. Namun perlahan-lahan sifat dingin Darcy berubah dan menjadi lebih perhatian kepada Lizzy. Ohiya, sebelumnya Bookish Journal juga sudah pernah mengulas novel ini. Klik di sini untuk membaca ulasannya 🙂

 

7. Tinderology Karya Larasaty Laras

Novel Tinderology karya Larasaty Laras

 

Tinder adalah salah satu aplikasi kencan online yang populer. Novel Tinderology menceritakan kisah cinta antara Awi dan Aji yang bermula dari Tinder. Awi yang berprofesi sebagai PR di perusahaan besar biasanya disibukkan dengan jadwal rapat, menjalin relasi baik dengan client, dan bekerja. Namun kehidupannya berubah saat ia mengenal Aji. Penasaran dengan ceritanya? Yuk nonton videonya di bawah ini 🙂

Ohiya Bookish Journalers, mulai sekarang Book Recommendations berganti nama menjadi Bookish Trailer ya 😀

 

Share your thoughts