Meet the Author: Katakokoh

Halo Bookish Journalers! Beberapa minggu yang lalu kami berkesempatan untuk bertemu dan ngobrol-ngobrol bareng Eko Ivano Winata alias Katakokoh! Kokoh–panggilan akrabnya–sudah menerbitkan tiga novel serial yang berjudul Senior (2018), Inestable (2018), dan novel ketiganya yang berjudul Athlas (2018) baru saja rilis awal Agustus kemarin. Namun siapa sangka dibalik kesuksesannya sekarang sebagai penulis, dulu Kokoh hanya memiliki beberapa pengikut saja yang dapat dihitung dengan jari! Sekarang Kokoh telah memublikasikan 7 karya, memiliki 236.000 pengikut, dan karyanya sudah dibaca sebanyak jutaan kali di Wattpad.

Dalam laman Wattpadnya, Kokoh bercerita bahwa sebenarnya ia sudah memiliki akun Wattpad sejak tahun 2015, ia sempat memublikasikan satu ceritanya yang berjudul Love Me Like You Do namun ia menghapusnya dan memutuskan untuk menjadi pembaca saja. Akhirnya di bulan Desember 2016 Kokoh memublikasikan karya lainnya yang berjudul Gusti yang terinspirasi dari cerita adiknya, namun lagi-lagi Kokoh memutuskan untuk menghapus cerita tersebut dari Wattpad dan memublikasikan cerita baru berjudul Athalan, Aletta, Adhesya. Lama-kelamaan Kokoh merasa jenuh dan tidak tahu arahan cerita tersebut akan dibawa ke mana.

Cikal bakal cerita Senior (2018) bermula dari cerita Kokoh yang sebelumnya berjudul Brothership. Brothership masih bertema mengenai ospek, namun ceritanya tentang kakak-adik yang terpisah dan baru bertemu saat ospek universitas. Menurut Kokoh akan lebih menarik jika ceritanya ditulis dengan genre romance sehingga ia merombaknya dan lahirnya cerita Senior dengan judul awal Senior’s. Dalam video Apa Kata Author di bawah ini, Kokoh menceritakan seputar penulisan dan inspirasi dari novel-novelnya.

 

 

Saat makan siang, Kokoh bercerita kalau dirinya dulu rajin mengunjungi laman pengguna Wattpad yang lain dan mempromosikan karyanya. Seiring dengan berjalannya waktu, pembacanya makin bertambah. Ia juga kaget karena tidak menyangka bahwa cerita yang ia tulis akan dibaca oleh banyak orang dan mendapatkan respons yang baik. Namun Kokoh menuturkan bahwa komentar pedas kerap kali muncul. Namun ia melihat hal tersebut sebagai pemicu untuk terus berkembang dan semangat untuk lebih baik lagi dalam menulis. 

Ada kabar baik lagi yaitu novel pertamanya yang berjudul Senior (2018) akan diadaptasi ke layar lebar. Tapi kalian masih harus bersabar yaa, karena film ini baru akan memasuki tahap produksi di akhir tahun ini. Penulis yang sangat mengidolakan J. K. Rowling ini juga memberi tips-tips untuk kalian yang ingin menekuni dunia kepenulisan. Salah satunya adalah banyak-banyak membaca buku. Untuk lebih lengkapnya, kalian dapat menonton video wawancara tim Bookish Journal di bawah ini ya. Selain itu, kami juga bermain beberapa game bersama Kokoh. Nonton video selengkapnya di bawah ini ya 😀 dan jangan lupa untuk ikutan giveaway-nya di Youtube Channel Grobmart.com 🙂

Share your thoughts