9 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Reader’s Block Menyerang

Reader’s Block

Bukan hanya penulis yang dapat terkena writer’s block, pembaca buku juga mempunyai masa-masa di mana mereka merasakan rasa jenuh untuk membaca buku. Hal itu disebut dengan reader’s block atau reading slump. Saat reader’s block menyerang, memang sulit rasanya untuk menikmati kegiatan membaca, untuk membaca satu paragraf saja bahkan terasa berat. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan reader’s block. Berikut Bookish Journal memiliki beberapa tips untuk mengatasi reader’s block.

1.Membaca Ulang Novel Favorit

Membaca ulang novel-novel favorit

Membaca ulang novel favorit bisa menimbulkan rasa nostalgia dan mengingatkan kamu tentang alasan mencintai kegiatan membaca buku. Mulailah dengan novel-novel karya penulis favorit atau buku yang benar-benar kamu sukai. Bertemu karakter-karakter favoritmu akan terasa menyenangkan!

2. Membaca Cerita Pendek

Dalam antologi cerita pendek, terdapat banyak pilihan penulis dan siapa tahu kamu menemukan penulis favoritmu. Cerita pendek/novella tidak setebal novel sehingga dapat memulihkan minat bacamu secara bertahap.

3. Coba Membaca Genre Baru

Kalau kamu biasanya hanya membaca satu genre tertentu, cobalah mengeksplor genre-genre lain. Ada banyak genre yang bisa dipilih, mulai dari fantasi, romance, fiksi ilmiah, fiksi sejarah, dan masih banyak lagi. Siapa tahu kamu menemukan genre favorit baru.

4. Mendengarkan Audiobook

Saat terserang reader’s block kegiatan membaca terasa sangat sulit, alternatifnya adalah dengan mendengarkan audiobook. Bisa dimulai dengan novel favorit atau mencoba menjelajahi buku-buku lainnya.

5. Mengurangi Pemakaian Media Sosial

Membatasi penggunaan media sosial

Reader’s Block bisa jadi menyerang karena seringnya kamu berselancar di dunia maya. Berdasarkan pengalaman saya, terkadang muncul perasaan bahwa scrolling di media sosial rasanya lebih menyenangkan daripada membaca buku. Cobalah untuk perlahan mengurangi intensitas berselancar di media sosial dan mulai membaca buku.

6. Membuat Daftar Bacaan

Membuat daftar bacaan buku

Buatlah daftar bacaan sebanyak mungkin. Coba membaca satu persatu dari daftar yang sudah dibuat. Jika kamu tidak dapat menikmati buku pertama yang ada pada daftar tersebut, move on pada daftar yang kedua. Kalau buku dalam daftar kedua itu masih membuatmu jenuh untuk membaca, move on lagi ke daftar berikutnya dan lakukan hal ini sampai benar-benar menemukan buku yang menarik perhatianmu.

7.   Menonton Film Adaptasi

Jika membaca novel membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menonton film, kamu dapat memulai dengan menonton film-film yang diadaptasi dari buku. Jika kamu merasa menonton film adalah sebuah spoiler besar, tontonlah film adaptasi yang bukunya sudah kamu baca. Jika spoiler bukanlah masalah, tonton film adaptasi manapun yang menarik perhatianmu.

8. Pergi ke Perpustakaan/Taman Bacaan/Toko Buku

Bangun mood membacamu dengan mengunjungi perpustakaan/taman bacaan/toko buku. Suasana yang dihadirkan dari tempat-tempat tersebut siapa tahu dapat menumbuhkan mood untuk membaca. Tidak perlu harus langsung membaca buku saat itu juga, bisa dimulai dengan berjalan-jalan keliling toko buku.    

9. Rehat

Jika tips-tips di atas masih membuatmu terserang reader’s block, rehat sejenak merupakan opsi yang bisa kamu pilih. Memulihkan pikiranmu sejenak dari kegiatan membaca dengan melakukan hal lainnya yang membuatmu merasa lebih baik. Jika sudah merasa lebih baik, kamu bisa mencoba tips-tips di atas.



Share your thoughts