Tips Eksis di Wattpad dan Ragam Proses Penerbitannya

Siapa di sini yang suka baca cerita-cerita di Wattpad? Atau, suka menulis cerita juga di sana? Bookish Journal berkesempatan mewawancarai dua penulis yang tulisan mereka akan segera rilis dalam bentuk novel di penerbit Grass Media. Mereka adalah PhiliaFate penulis Reminiscentiam, dan Risalia Anugrah penulis But, Darling!. Kedua buku ini sedang buka pre-order, lho, di Grobmart. Ada bonus postcard dan bookmark karakter untuk Reminiscentiam atau blocknote untuk But, Darling!, dan tote bag untuk masing-masingnya!

 

“Tidak ada manusia yang hidup setelah                                   melihat Maut”

 

Sebuah Pertarungan Rasa

 

Dua penulis ini berbagi proses penerbitan buku mereka dan tips eksis di Wattpad. Yuk, kita simak.

Bookish Journal (BJ): Bagaimana awalnya memutuskan menulis di Wattpad?

Philia Fate (PF): Sebelum ke Wattpad, aku aktif menulis cerpen di Blogspot. Tahun 2015 aku mulai baca-baca di Wattpad dan menaruh cerpenku. Awal tahun 2017 baru aku mulai aktif menulis di sana dan Reminiscentiam adalah karya novel panjangku yang pertama di Wattpad.

Risalia Anugrah (RA): Awal tahun 2016, saya mengalami fase peralihan status dari mahasiswa menjadi job seeker. Sembari menunggu ada lamaran yang nyantol, saya tanpa sengaja menemukan situs baca tulis gratis bernama Wattpad. Kemudian saya baru sadar, banyak banget novel berlabel Wattpad telah dibaca sekian kali, dan dari situ saya tertarik. Memang dasarnya suka bikin cerpen dan mengkhayal cipatain dunia sendiri, daripada cuma di angan-angan, kenapa nggak coba ikutan nulis juga?

 

BJ: Ceritain sedikit, ya, proses penerbitan novelmu di Grass Media.

PF: Setelah Reminiscentiam tamat bulan September 2017, aku berpikiran untuk mencetaknya secara independen. Kemudian tim Grass Media menawariku. Namun, aku yang merasa bukan siapa-siapa menolak. Setelah diyakinkan, akhirnya setuju untuk menerbitkannya di sana. Grass Media juga memberiku kebebasan berkreasi, untuk cover, bookmark, dan ilustrasi di dalam bukunya. Proses penerbitan Reminiscentiam sangat menyenangkan dan aku menikmati saat-saat kelahiran novel pertamaku. Aku berharap pembaca juga dapat merasakan hal yang sama ketika membaca karya ini.

RA: But, Darling? Adalah karya pertama saya yang mendapatkan apreasiasi yang terbilang cukup lumayan. Satu tahun setengah bertengger di Wattpad, saya belum terpikir untuk menerbitkannya. Hingga ada info lomba novel. Yang saya tekadkan adalah, saya mencoba, apapun hasilnya saya tidak dipikirkan. Di luar dugaan, naskah saya terpilih jadi salah satu pemenang Grass Media Romance. Saya senang bisa dipertemukan dengan orang-orang hebat di Grass Media. Dari proses editing yang berlapis-lapis, desain cover yang penuh pertimbangan, pengurusan ISBN, strategi marketing, dan sebagainya.

 

BJ: Bagi tips, dong, untuk orang yang ingin eksis di Wattpad.

PF: Wah, aku sendiri belum terlalu eksis di Wattpad. Aku share aja yang aku tahu, ya. Rajin update. Coba memiliki jadwal tetap untuk mem-publish karyamu di Wattpad. Itu akan membantu pembaca menemukan karyamu di hot list atau di new story. Yang kedua, bergabung dengan komunitas Wattpad yang tepat dan berinteraksi di sana. Cara ketiga adalah terus mengasah diri untuk menjadi lebih baik. Cintai ceritamu lebih dari mencintai vote dan komentar. Lanjutkan dan tamatkan; apapun yang terjadi dan perbanyak baca buku kepenulisan atau novel bagus. Promosi yang bagus bisa membuat pembaca datang, tapi hanya cerita yang bagus yang membuat pembaca bertahan.

RA: Kayaknya saya nggak begitu eksis. Tapi, menurut hasil penelitian saya selama malang melintang di Wattpad, tips paling ampuh agar cerita kita eksis bahkan mendapatkan rank di Wattpad adalah dengan update rutin tiap sehari atau dua hari sekali, continue dan terjadwal. Dengan begitu, cerita akan selalu muncul di New Update; pembaca akan penasaran. Semakin kamu sering muncul, orang akan makin tahu kamu. Dan, tentunya, tulislah cerita yang memang sesuai dengan kriteria pembacamu. Berani mencoba, karena jika kita tidak mencoba kita nggak akan tahu nasib baik itu kapan hinggapnya. Setiap naskah itu ada jodohnya, yakinlah. Jangan patah semangat. Terus menulis, karena dengan menulis, dunia akan tahu siapa kamu.

 

Nah, itu dia obrolan Bookish Journal dengan PhiliaFate dan Risalia Anugrah.

Jadi, Bookish Journalers yang suka menulis, teruslah menulis, belajar, dan penuh semangat, karena usahamu akan terbayar.

Share your thoughts