Kuis Soft Opening di Portal Bookish Journal

Hai, Bookish Journalers!

 

Pada 1 Februari 2018 lalu, Bookish Journal merayakan soft opening. Kamu ikut keseruannya juga, nggak? Kan, ada kuis di Instagram @bookish.journal . Apa? Kamu melewatkan itu?

Tenang! Bookish Journal masih punya kuis buat kamu.

Kini, kuisnya berlangsung di portal bookishjournal.com , ya. Langsung di artikel ini.

Hadiahnya? Lebih banyak daripada di Instagram!

 

 

Yuk, simak syaratnya.

Oh, ya, kuis ini berlangsung 4-7 Februari 2018.

Jadi, jangan melewatkannya, ya.

 

Rules:

  1. Follow IG @bookish.journal , Twitter bookishjournal, Facebook bookishjournal, dan subscribe ke bookishjournal.com .
  2. Tulis saranmu untuk Bookish Journal di kolom komentar artikel ini.
  3. Repost foto ini di Instagram. Mention @bookish.journal dan sertakan #SoftOpeningBookishJournal .
  4. Share info ini di IG Story-mu. Tag @bookish.journal dan sertakan #SoftOpeningBookishJournal .
  5. Ajak 3 teman kamu untuk ikutan. Mention mereka di kolom komentar postingan Instagram (postingannya yang bergambar ini juga).

 

Hadiah:

1 pemenang hasil mesin random akan mendapatkan kupon belanja di Grobmart.com senilai 75 ribu.

1 pemenang pilihan akan mendapatkan kupon belanja di Grobmart.com senilai 100 ribu.

 

Mudah, kan?

Semoga beruntung untuk mendapatkan buku incaranmu!

68 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Mahdahreply
February 05 at 10:02 AM

Saya baru tau kalau ada website yang memberikan artikel-artikel dan berita berupa informasi seputar buku-buku. Sebenarnya infonya sangat bermanfaat tapi mungkin karena saya kurang up to date atau mungkin bookish journal yang kurang mengkomunikasikan website ini dengan para bookish.
Saran saya bookish journal bisa lebih rajin mengkomunikasikan kepada bookish biar mereka bisa tahu kalau ada website dan medsos yang bisa memberikan mereka informasi yg sangat bermanfaat seperti ini. ?

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: Mahdah

Halo, Mahdah, kami memang baru soft opening. Artikel yang sebelumnya adalah hasil pindahan dari blog.grobmart.com (alamat kami dulu). Tidak, kamu nggak kurang update, kok. 😀

Mahdahreply
February 05 at 05:02 PM
– In reply to: J Journal

Oh haha. Aku kira sudah ada sejak lama ?
Semoga contentnya semakin menarik, desain websitenya juga mungkin nanti bisa diperbaharui agar lebih menarik agar lebih menarik minat pembaca ?

Alfathreply
February 05 at 10:02 AM

Halo Bookishjournal.. sebelumnya mau ngucapin selamat atas launching website terbarunya. Karena ini terkait dengan portal informasi tentang buku, saya berharap semoga info yang dibagikan di sini tidak hanya perkembangan terupdate buku berjenis novel saja, tetapi juga buku-buku bacaan selain fiksi. Misal biografi, buku populer bertema sains atau bahasan yang terkesan berat tapi bisa dibaca semua kalangan. Jadi, siapa saja yang subscribe web ini bisa mendapat wawasan kalau buku itu beragam jenisnya, dan dapat menarik pembaca genre apapun untuk mampir ke website ini. Semoga sukses dan selalu membagikan manfaat 🙂

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: Alfath

Wah, betul. Pasti makin asyik, ya, ketika nanti genre buku yang dibahas di sini makin beragam. 😉

Firdausi Nuzulahreply
February 05 at 10:02 AM

Saranku semoga bookish journal bisa menjadi wadah bagi booklovers seperti saya, menyajikan berita terbaru seputar dunia buku.
Adain juga Q&A biar makin deket sama followers, misalnya ada event yg berkaitan dengan buku dan kebetulan admin bookish hadir siaran langsung di instagram boleh lah

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: Firdausi Nuzulah

Seru, nih, live Instagram kalau Bookish Journal meliput event. 😀

Annisa Paramadina Rahmireply
February 05 at 10:02 AM

Hallooo, sebelumnya aku mau ngucapin selamat nih buat Soft Openingnya Bookish Journal, semoga kedepannya bisa memberikan inspirasi buat para pembaca khususnya pecinta buku. Sarannya ga muluk-muluk sih, kalo bisa webnya lebih berwarna aja biar lebih nyaman gitu kalo mampir ke web bookishjournal.com kalo putih kan agak monoton gimana gitu hehee. Pokoknya sukses terus buat Bookish Journal 🙂

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: Annisa Paramadina Rahmi

Agar hidup kita jadi lebih berwarna juga, ya? 🙂

Imas siti sa’adahreply
February 05 at 10:02 AM

Selamta yah buat bookishjournal atas soft openingnya, semoga menjadi wasah yang tepat untuk mencari referensi informasi mengenai buku, film, novel bagi semua kalangan.
Perbanyak artikel yang mengulas buku2,film & novel berkualitas karya anak bangsa. Dengan kemasan yang menarik.
Tapi artikel tentang buku, film & novel karya penulis luar negeri juga jangan sampai ketinggalan d bahas. Biar ga kudet & tetap kekinian.
Sukses buat bookishjounal. ??

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: Imas siti sa'adah

Hidup karya anak bangsa! ?

chintya ririnreply
February 05 at 01:02 PM

Wahh aku ngga nyangka ada website ini. Informasinyaa ckup berguna bangets ini. Buat para booklovers. Smogaa mkin eksis websitenya dan sukses bagi para miminnya yaaaa ??

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: chintya ririn

Yay! Amin.

Destyreply
February 05 at 03:02 PM

Halooo bookishjournal!
Sebelumnya, selamat atas peresmian portalnya. Aku ada beberapa usulan rubrik maupun saran untuk bookishjournal. Semoga bisa jadi pertimbangan untuk memperkaya isi portal ini yaa.

1. Rubrik Bookish Music. Formatnya bisa semacam rekomendasi mingguan seputar musik-musik yang bisa jadi teman membaca, atau membahas tentang musik/lagu yang muncul pada sebuah buku.
2. Rubrik Game and its Book. Kan sudah ada nih rubrik Movie and its Book, nah di rubrik ini membahas tentang game yang diangkat dari buku. Aku juga kurang tahu ya apa ada game yang seperti itu, tapi jika ada maka kurasa tidak ada salahnya kalau bookishjournal.com memuat artikel tentang itu 😀 bisa jadi suatu informasi baru bagi para bookish yang gak melek soal game juga kan.
3. Pojok permainan seputar dunia buku. Semacam widget/app web gitu. Aku sering lihat suatu web yang memasang game interaktif sederhana, misalnya game 2048. Nah, mungkin bookishjournal.com bisa memasang game 2048 versi dunia buku 😀 atau game-game lainnya. Sederhana saja, lumayan kan untuk teman main saat kita terkena reading slump. Siapa tahu setelahnya kita bisa semangat membaca lagi hihi.
4. Di sisi pemeliharaan website, mohon terus dipantau apa semua berjalan dengan semestinya atau tidak ;))

Terima kasih.

IG : @destyblog.gram

J Journalreply
February 05 at 03:02 PM
– In reply to: Desty

Wah! ?
Hihihi, poin 4.

Aulia Dianti Judiantoreply
February 05 at 04:02 PM

Halo semuanya. Untuk dapat memajukan bookishjournal saya mempunyai saran :

1. Dengan menambah hiasan pada portal bookishjournal.com. Agar dapat menarik minat pembaca pencari informasi. Dengan demikian, pembaca informasi merasa senang dan tidak bosan.

2. Dengan mengirim berita tidak hanya di portal bookishjournal.com saja. Yaitu dengam mengirim informasi di berbagai akun bookish.journal (instagram, facebook, twitter). Dengan demikian, pengguna instagram, facebook dan twitter pun juga dapat menambah informasi yang dikirim oleh bookishjournal.

3. Dengan mengaitkan berbagai penerbit dan juga online shop yang menjual barang yang mencakup industri perbukuan. Dengan demikian, dapat memudahkan pencari informasi mengenai informasi buku yang dibutuhkan.

4. Dengan menyediakan kolom pertanyaan di akun bookish.journal (blog, instagram, facebook, twitter) sehingga dapat membudahkan pencarian informasi dalam mencari informasi.

5. Dengan menambahkan admin lainnya. Sehingga admin bookishjournal tidak kewalahan dalam menjawab maupun memberi informasi pada pencari informasi. Hehehe

6. Dengan menambahkan lagu pada portal. Sehingga, pembaca tidak jenuh dalam membaca artikel.

Dengan adanya saran tersebut. Semoga bookishjournal menjadi penyedia informasi industri buku yang sangat bermanfaat pagi pembacanya. Semoga dengan adanya bookishjournal menambah jumlah pembaca buku dan dapat menambah minat dalam industri buku. Semoga informasi yang dishare oleh bookishjournal dapat menambah ilmu dan juga informasi. Semoga dengan adanya informasi yang dishare oleh bookishjournal membuat pengguna medsos dapat menggunakan sosmed nya dengan baik.

Sekian dari saya. Semoga saran yang saya berikan bermanfaat bagi bookishjournal.com. Dan semoga sukses serta jaya selalu bookishjournal.com. Semangat bookishjournal.com.

??✌️✌️????

J Journalreply
February 05 at 04:02 PM
– In reply to: Aulia Dianti Judianto

???
Btw, kami sudah ada kolom pencarian, lho. Letaknya di kanan atas halaman portal. Sila dicoba. 😉

Aulia Dianti Judiantoreply
February 05 at 04:02 PM
– In reply to: J Journal

Oh iya ya, hehe. Terimakasih infonya kak. Dan maaf apabila saran saya sudah tersedia???

Melati F.reply
February 05 at 04:02 PM

Hai bookishjournal, sekali lagi, selamat ya atas soft openingnya!

Sebagai portal yang baru diresmikan, bookishjournal.com udah cukup oke sih. Rapi, jenis dan ukuran font nya nggak bikin sakit mata. Postingannya konsisten sesuai dengan visi misinya. Tapi ada beberapa uneg-uneg yang pengen saya sampaikan nih, boleh?

1.) Saya penasaran, itu laman Readers United nanti mau diisi apa nih? Semacam profil BJ loyal readers gitu kah?
2.) Di laman About, baiknya diberi sejarah singkat bookishjournal itu apa, kapan berdirinya, kenapa tim kalian akhirnya membentuk bookishjournal. Baru deh di bawah/ samping sejarah singkatnya itu diberi contact form. Atau kalau mau lebih rapi, bisa juga ada laman khusus Contact. Tapi mau disatuin di About juga nggak apa sih, hehe.
3.) Adain tips berkala seputar buku dong, kak. Misalnya tips merawat buku, atau tips lainnya. Atau bisa juga adain artikel seputar bookstagram. Abisnya ya… dewasa ini banyak banget kan akun-akun bookstagrammer di luar sana?
4.) Supaya websitenya tetap dipantau oleh subscriber BJ, kayaknya oke juga lho kalau ada personality quiz yang berhubungan dengan buku. Misalnya kayak, seberapa dalam pengetahuan kamu (pembaca) mengenai novel A, atau tipe pembaca seperti apakah kamu, dll.
5.) Warna latar situsnya polos banget nih kak, hehe.
6.) BJ belum ada alamat kantornya kah? hanya terhubung via online kah? Nggak liat ada alamat dan nomor telepon kantor nih. Kalau suatu saat pengen kerjasama (aamiiin) sama BJ gimana dong? Hihi.

Segitu aja dulu kak. Kalau ada tambahan, mungkin nanti bakalan diobrolin via email, hehe.

Sukses selalu bookishjournal!

J Journalreply
February 05 at 04:02 PM
– In reply to: Melati F.

Kategori Readers United nanti diisi artikel tentang para penyuka buku. Misalnya, suatu komunitas baca, seorang blogger, bookstagrammer, dan lain-lain. 😉
Untuk peluang kerja sama, bisa lewat private message sosial media dulu, ya.

rantodo12reply
February 05 at 07:02 PM

yeyy selamat atas soft openingnyaa!! dan juga portal yg udh diresmiinn

sarannya
-ada laguuu biar bacaaa artikel(?)nya jadi seru hehe
-backgroundnya jugaa dilucuin (?) biar gemesss wakaka *apasi
-sesering nya bs post, agar menarik krna ada post mulu atau malah nnti bisa ditinggal krna ga aktif.
itu aja si hehe

semoga bisa memberikan info tnntng buku scr detail tp tidak mespoiler klimaksnya hehe. (?)

sbnrnya saya cukup bingung mau komentar apa ;”). semoga brmanfaat dan maaf kalau gajelas ;”)

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: rantodo12

Suka yang ngegemesin, ya? 😀 😀 😀

Coniferinareply
February 05 at 08:02 PM

Hai bookishjournal selamat atas soft opening nya ?

Saran dan doa saya untuk akun ini kedepan nya :

1.semoga dapat kepercayaaan dari para readers

2.meRepost artikel artikel / berita seputar perbukuan

3. Portal artikel dibuat menarik agar para readers tidak bosan untuk membaca artikel bookishjournal

4. Bekerjasama dengan penerbit2 buku dan selalu update tentang buku2 terbaru yang mau diterbit kan

5. Lebih terbuka pada readers selerti menambah akun di medsos lain seperti Facebook,Twitter dan sebagai nya

6. Menambah jumlah admin agar tidak kerepotan untuk meng-update info seputar perbukuan

7. Tidak hanya meng-update tentang buku novel saja karna kan sekarang banyak buku anak2

8. Tidak hanya meng-update tentang buku dalam negeri saja

9. Terakhir Semoga bookis.journal selalu sukses , digemari banya readers di luar sana , jangan lupa update terus ;D
?????

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: Coniferina

Selain Instagram (bookish.journal), media sosial kami juga ada yang lain, lho. Twitter (bookishjournal) dan Facebook (bookishjournal). 😉

Selsadilareply
February 05 at 08:02 PM

HAI bookishjournal, selamat atas soft openingnya!! Semoga website ini bisa lebih keren lagi, banyak memuat artikel tentang dunia literasi, seperti review novel, atau mungkin tips-tips bagi penulis baru yang ingin banyak belajat tentang dunia kepenulisan.

Saran saya nggak begitu banyak, hehe. Cukup menyediakan hal-hal penting tentang dunia literasi, dan menjadi website yang banyak dikunjungi? semoga lebih baik lagi kedepannya!

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: Selsadila

Suka menulis, ya? Semangat selalu. ?

Eliska Fadilareply
February 05 at 11:02 PM

Soooo buat Bookish Journal, CONGRATULATION for SOFT OPENING nyaaaa…!!!
.
.
.
.
Saranku..
1. Semoga makin sukses dan berjalan sesuai rencana
2. Sesering mungkin post untuk kids jaman now
3. Semoga ramah ramah ya adminnya dan bisa dijadiin teman and asique
4. Perbanyak lagu pada portal untuk bisa sesantai mungkin kalau buka websitenya dan tidak membuat jenuh
5. Kalau bisa diperjelas ada apa saja yg ada di website ini, misalnya kaya kegunaannya ada apa saja, manfaat nya bisa apa saja dan pastinya tidak membuat bingung yang membuka website bookish journal
6. Latar belakang diwarnai GIF its so cute
7. Semoga bookish journal bisa bekerja sama dengan para penulis yang sudah menerbitkan karya bukunya dan bisa bergabung dengan yg lain dan memberi tips2 bermanfaat bagi yg lainnya…

Menurut aku sih itu sudah cukup yg penting bs membuat orang yg membuka website/ig / twitter / facebook bookish journal nyaman,
Sekian dari akuu,
Thankyou??

Sukses selalu for bookis journal❤️?

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: Eliska Fadila

Admin ramah dan asyik, lho. LOL. 😀

Elizabeth Irene Bagariangreply
February 06 at 01:02 AM

Hai bookish journal!! Congrats for your soft evening ya! ?

Sebelum saya memberi saran, saya mau sedikit menebak arti dari bookish journal hehe.
Menurut saya bookish itu artinya book publish (buku terbitan),mungkin bookish journal ini nanti akan menerbitkan karya-karya anak bangsa dalam buku.
Kalau journal sih artinya kan kaya jurnal atau catatan gitu kan, so mungkin bakal banyak berita yg up to date terutama tentang buku di website ini.

Saran aku, untuk tampilan website lebih diperindah lagi, supaya lebih menarik, dan pembaca ingin terus mengunjungi website ini. Terus, tambahin juga ka kaya mini games di website ini buat ngehibur kita kalau misalnya udah boring baca artikel gitu, supaya kitanya juga suka (mini gamesnya yg biasa aja, gausah yang ada reward gitu, kalau mau ada juga boleh hehe). Lalu,banyakin lagi tips tips yang sangat diperkenankan untuk booklovers misalnya tentang cara yg benar dlm membaca, tips menulis karya, dll

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: Elizabeth Irene Bagariang

Untuk saat ini, kami baru menyajikan berita atau artikel perbukuan. Belum akan menerbitkan buku tulisan Bookish Journalers (pembaca Bookish Journal). But, who knows? 😉

Shiva Syahidareply
February 06 at 02:02 AM

Yeeeaaayyy!!! Congratulations buat Soft openingnya Bookish Journal?Gini ya, sebenarnya menurut saya langkah awal dari Bookish Journal dalam soft opening itu sudah sangat tepat dengan mengadakan kuis give away di medsos dan mengaitkan dengan akun online shop yang berkaitan dengan buku. Sehingga banyak pengguna medsos yang melihat dan akan tertarik untuk pandangan pertama mereka, seperti saya ini. Eeaakks? Jadi, untuk permulaan sampai sini sudah bagus, tapi aku punya saran nih buat Bookish Journal, semoga bermanfaat ya buat kedepannya?
1. Untuk desain walpaper Bookish Journal, mungkin bisa lebih dibuat semenarik mungkin dengan menambah hiasan hiasan pada portal agar banyak menarik minat baca para readers
2. Lebih sering aktif di akun akun medsos (ig,twitter,fb,dll) untuk promosi dan lebih sering mengupdate story storynya.
3. Tidak hanya menyajikan referensi buku dalam negeri saja, biar gaholl?
4. Menyajikan informasi dan artikel buku dengan penyajian yang sangat menarik.
5. Lebih banyak mengadakan event event seru yang mampu membangkitkan niat membaca banyak orang.
Huhuuu… mungkin segitu saja saran aku buat Bookish Journal, maaf bila ada salah salah kata dalam penulisan. Byeee..!!! Thank you?

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: Shiva Syahida

Pada soft opening ini, kami bekerja sama dengan komunitas-komunitas. Untuk toko buku online alias Grobmart, kami memang kakak-adik dengan mereka. ???

deeayureply
February 06 at 09:02 AM

Yee akhirnya louncing juga, gak sabar untuk ngikuti media sosialnya bookish joulnal, semoga selalu menginspirasi.
Saranku: sering-sering mereview buku yang kekinian biar para pembaca bisa mengikuti perkembangan buku masa kini, terus sering-sering buat give away jugak biar para pembaca makin betah, dan yang terakhir selalu sebarkan virus membaca dimana pun dan kapanpun.
Salam literasi

J Journalreply
February 06 at 10:02 AM
– In reply to: deeayu

Sip. Karena virus membaca itu oke banget, ya, nggak seperti virus Flare di Maze Runner. Huhuhu. Kemudian sedih lagi. 🙁

Izza Azzurinireply
February 06 at 11:02 AM

Saranku untuk Bookish Journal itu :
Post informasi tentang buku-buku yang baru terbit, sertakan blurbnya juga. Kalau bisa ditambah dengan reviewnya. Juga sertakan hal-hal menarik tentang si penulis, tentang buku itu, dan seberapa buku itu diminati oleh penikmat buku.
Aku juga punya saran untuk akun IG Bookish Journal, yaitu membuat feeds yang menarik! Supaya pengunjung instagram tertarik dan jadi penasaran, dengan begitu akan semakin banyak pembaca yang tau kalau sekarang udah ada akun khusus yang menampung informasi terkait buku-buku terbaru + hits! ?

J Journalreply
February 06 at 04:02 PM
– In reply to: Izza Azzurini

Feed Instagram bookish.journal menarik, lho. Kata admin. ???
Tunggu sampai “kelihatan”, ya. 😀 Atau belum cek, niiih?

Utamy Ningsihreply
February 06 at 01:02 PM

Happy soft opening bookish.journal… muaachh 1000x.
Sebenarnya sudah pengen koment dari 2 hari yang lalu, tapi apalah daya tangan ku yang cuma 2 ini lagi sibuk ngurusin suami dan bayi ku yang sakit nya barengan.. huhuhu (malah curcol).

Over all ide dan tampilan bookish journal sudah sangat ketceehh, tapi karena minta saran, maka saya akan berikan saran secara cuma-cuma. ?

Berhubung kids zaman now sudah banyak yang suka baca buku, maka bookish.journal sebagai portal buku kekinian sepertinya perlu menghadirkan rubrik yang khusus membahas tentang karya sastra lama, seperti angkatan balai pustaka, angkatan 45, dll. Biar bacaan mereka tidak cuma kisah cinta yang modern, sekaligus menambah wawasan.
yang kedua, tim bookish.journal bisa lah sekali-kali meliput kegiatan lapak baca gratis atau perpustakaan yang di bangun oleh perseorangan. Biar info tentang Indonesia sebagai negara dengan minat baca rendah bisa terpatahkan (Merdeka).
Yang ketiga, karena followers bookish.journal sudah banyak dan keren, maka bookish.journal sangat layak untuk jadi wadah bagi mereka-mereka yang ingin terlibat dalam kegiatan kirim buku gratis melalui kantor pos.
Biar saudara-saudara kita di pedalaman Aceh sampai pedalaman Merauke tidak kekurangan bahan bacaan lagi.
Lumayan kan min, dapat pahala dari berbagi kebahagiaan.
Sekalian membantu visi misi pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Demikian saran saya min, semoga bisa terlaksana.
Salam sayang dari keluarga kecil saya.
Semoga tim bookish.journal diberkahi selalu. Amin.

J Journalreply
February 06 at 04:02 PM
– In reply to: Utamy Ningsih

Wah, sarannya merah putih sekali. Merdeka!
Salam buat dedeknya; semoga cinta baca juga. 🙂

Utamy Ningsihreply
February 07 at 09:02 AM
– In reply to: J Journal

Siap min… salamnya sudah ku sampaikan, doanya sudah ku amin kan.
Setelah ku baca komen yang sesudah ku, ternyata banyak juga yg mau ada rubrik khusus sastra lama.
Sekali lagi… Semoga bisa terwujud. Amin

Khoirunnisa Zhalila Zakariareply
February 06 at 08:02 PM

Hai bookishjournal selamat ya buat soft openingnya. Harapannya semoga bookish journal bisa menjadi wadah para bookish. Tidak hanya memberi review dan saran buku – buku terbaru, tetapi juga memberi voucher untuk pengikut setianya supaya lebih setia lagi (gak ditikung :v). Terus di ig nya bisa juga tuh dikasih feeds misal quotes dari novel – novel, games, QnA, dll. Sukses buat bookishjournal ?

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Khoirunnisa Zhalila Zakaria

Boleh, nih, dipertimbangkan. 🙂

Annisareply
February 06 at 09:02 PM

Hi bookishjournal ? selamat atas soft openingnya yaw ?
Bookish journal web baru yang keren. Aku suka ?
Wah kalau saran apa ya, hehe lebih ke uneg-uneg deh.

Buat bookishjournal
Tambahin info soal buku-buku keren yaw atau resensi bisa.
Buku-buku jadul dan seputar dunia literasi.

Cerita anak atau dongeng. Tips menulis. Intinya tentang dunia literasi untuk mengembangkan minat baca hehe

Sekian
Makasih hohoho

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Annisa

Siiip! ?

Bety Kusumawardhanireply
February 06 at 10:02 PM

Sarannya: banyakin tips-tips seputar menulis buku dan cara memfoto buku agar terlihat menarik? sering-sering adain lomba bookstagram, review novel, nulis cerpen, cipta puisi biar dan produktif ?

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Bety Kusumawardhani

Asyik, nih, biar produktif. Adminnya Bookish Journal biar sekalian ikutan. ?

Ulfa Zuliareply
February 06 at 11:02 PM

Yeay! Selamat yaa Bookish Journal untuk soft openingnya!^^
Pertama, aku mau bilang kalau aku suka banget sama website nya! Yang aku sukain itu yaitu pada saat loading ke halaman utama ataupun ke halaman lainnya, perpindahannya itu kelihatan ‘lembut’ banget dan membuat kesan bahwa walaupun ada banyak artikel, tetapi website ini tetap terlihat ‘ringan’. Dan juga pada instagramnya Bookish Journal, feednya rapih dan warnanya adem. Sukaak.

Kedua, aku mau ngasih beberapa saran nih untuk Bookish Journal, semoga bermanfaat…
1. (Aku tidak tahu apakah ini hanya terjadi padaku saja atau tidak) Pada saat aku selesai melakukan subscribe pada website Bookish Journal, ada tulisan ‘Thank You For Subscribing Us’, namun saat aku mengecek email, aku tidak mendapati adanya email konfirmasi bahwa aku sudah nge-subscribe web Bookish Journal, soalnya biasanya saat aku selesai nge-subscribe suatu web/blog selalu ada email konfirmasinya gitu, jadi aku bisa tahu kalau aku memang sudah benar benar nge-subscribe web/blog itu. Takutnya kalau ngga ada email balasannya, rasanya mungkin orang orang akan berpikir ‘apakah email yang aku masukkan tadi salah ya?’. Gitu hehe.
2. Pada tampilan website, Bagian header yang ada tulisan ‘Bookish Journal – Your Book News Portal’ mungkin bisa diganti font nya agar jadi lebih menarik, memakai font yang seperti di tulisan ‘Bookish Journal’ yang ada di sudut kiri atas website ini juga bagus^^
3. Sebaiknya diberi pembatas antara header website dengan postingan yang paling atas, karena kalau dilihat lihat, mereka seperti menyatu gitu. Dan juga antara postingan yang atas dengan postingan yang dibawahnya juga dipisahkan dengan pembatas, pembatasnya mungkin bisa ditambahkan semacam divider. (Kalau aku mencoba mencari di google dengan kata kunci ‘divider’ aja, kenapa keluarnya malah gambar rangkaian arus listrik gitu ya xD Tapi kalau dengan menggunakan kata kunci ‘divider blog’, maka kita akan menemukan berbagai macam divider yang lucu lucu^^)
4. Aku melihat tombol follow ganda untuk akun akun sosial media Bookish Journal, yang satu ada di sebelah kiri website dan satu lagi ada di paling bawah website, menurutku sebaiknya hanya terletak disatu bagian saja, menurutku, bagusnya terletak di bagian sebelah kiri bawah saja karena akan langsung kelihatan^^
5. Karena tulisan pada ‘Bookish Journal’ berwarna Biru dan Oranye, mungkin pada saat kursor ingin mengeklik link di website ini, bisa di-hover-kan menjadi warna biru atau oranye gitu^^
6. Memberikan background pada website, sehingga tidak kelihatan polos. Backgroundnya yang sederhana saja^^
7. Menyediakan rubrik yang memuat profil para bookstagram-ers dari Indonesia maupun luar negeri.
8. Membahas mengenai perpustakaan dengan desain bangunan yang keren di dalam dan luar negeri.
9. Membahas mengenai novel novel lama karya penulis Indonesia dari berbagai angkatan.
10. Saran untuk event pada Bookish Journal mungkin bisa diadakan lomba menulis cerpen dengan tema yang sudah ditentukan, atau, lomba menulis flashfiction dengan tema yang sudah ditentukan pula.
11. Mengadakan kuis kecil kecilan di instagram Bookish Journal untuk menghibur para followers hihi.

Mungkin itu saja beberapa saran yang bisa aku berikan, karena kalau aku lihat di tab ‘categories’, konten dari web ini sudah bagus banget, jadi bingung mau ngasih masukan apa lagi xD
Semoga kedepannya bookishjournal.com ini menjadi website yang paling dicari bagi para pecinta buku di Indonesia dan selalu bisa memberikan informasi terbaru seputar dunia per-buku-an^^

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Ulfa Zulia

Wah, Ulfa melek istilah per-blog-an banget, ya! 😉
Untuk subscribe, tolong coba subscribe ulang dan cek email kembali.

Eni Lestarireply
February 07 at 05:02 AM

happy soft opening bookish journal! ya ampun tau gak sih, udah lama aku memimpikan ada portal khusus untuk buku. dan bookish journal udah menjawab impianku. yey! makasih, bookish journal! sering2 update ya. oya, ini saran geje sih. jadi, aku suka banget sama judul2 bermuatan click bait. eh bener kan tulisannya? hehe. kebanyakan berita gosip kan gitu. nah, aku mau judul2 artikel di bookish journal agak memancing dikit. jadi jangan terlalu flat. biar banyak yang baca juga, gak cuma para kalangan buku. sebenernya udah lama kepikiran ini, jadi semacem kayak tempat gosipnya para pembaca buku hahaha. maaf kalo geje ya min. tapi dari dulu pengin banget ada portal khusus buku tapi ala2 berita gosip. pasti lucu deh xDD

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Eni Lestari

Nomor 5 Membuat Netizen Syok! ???

Edita Nainggolanreply
February 07 at 05:02 AM

Hi bookish_journal…
Selamat ya.. Buat openingnya…
Kalau aku sih pengennya bookish journal ini nantinya jd Oase buat kita2 bibliophile.
Jd semua hal ttg buku tuh bisa kita cari disini, mulai dr buku yg akan di adopsi jd film, buku yg akan diterjemahin, oleh penerbit siapa, sekuel buku berseri dan tentunya promo2 harga dan PO buku ? oh ya… Dan tentang pengarang juga.. Itu perlu… ??

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Edita Nainggolan

Siiip. Sering-sering main sini, yaaa.

Melyana Octaviareply
February 07 at 07:02 AM

Happy Soft Opening Bookish Journal?.
Saran aku untuk Bookish Journal adalah
1. Rajin menulis artikel tentang novel-novel Indonesia maupun novel-novel luar negeri.
2. Sering mengadakan giveaway ? apalagi yang hadiahnya buku.
3. Membuat Bookish Merchandise yang anti-mainstream kayak lipbalm. Aku pengen punya bookish lipbalm.
4. Lalu memberikan info tentang penulis-penulis yang sudah terkenal maupun belum terkenal.

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Melyana Octavia

Huhu, admin juga kepengin punya bookish lip balm.

M Ginanjar Eka Arlireply
February 07 at 09:02 AM

First of all, happy soft launching kak! 😀

Senang banget ketika pertama kali mendengar adanya portal Bookish Journal ini. Jujur, kami sebagai pembaca pasti merindukan adanya pusat informasi seputar dunia literasi. Semoga saja Bookish Journal bisa menjadi salah satu alternatif untuk hal tersebut yaa 🙂

Eng … Sebetulnya melihat komentar teman2 di atas udah keren banget usulan2nya. Namun begitu, izinkan saya menambah beberapa ya kakak mimin yang baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung (rindu) *uhuk :v

1) Sepakat dengan teman2 lain untuk mengadakan info2 coming soon buku2 yang akan terbit, lima buku fiksi rekomendasi (misalnya), book of the month, book of the year, atau bahkan bikin polling buku pilihan bookish journal–berdasarkan respon pembaca, banyaknya permintaan/tingginya penjualan di akun kakaknya (grobmart), dsb. Q&A dan tips2 menarik seputar membaca dan menulis juga pasti seru. Sesekali dibikin dalam format video juga dan diunggah di youtube juga sepertinya keren 😉

2) Kerjasama dengan para pegiat literasi untuk info2 terkini. Saya pikir kita bisa bikin sistem kontributor untuk memudahkan kinerja dari admin. Juga bikin segmen diskusi literasi hari ini supaya bisa mengulik berita2 apa yang lagi hangat dan ingin diketahui warganet. Setelahnya, bisa di follow up dan dibuat artikelnya oleh para tim yang kece 😉

3) Jalin interaksi berkala dengan para follower. Sejujurnya, saya salut dengan berbagai inovasi dari @penerbitharu. Adanya program dibajak penulis, coming soon buku2 mereka, dst. Barangkali bisa menjadi inspirasi dalam menjalin kedekatan dengan para pegiat literasi lainnya di negeri ini 😉

4) Mewadahi tidak hanya buku2 mayor, tetapi juga indie yang berkualitas. Saya pikir belum banyak portal yang menyediakan informasi tentang perkembangan buku2 indie. Meskipun saya yakin, pasti banyak juga buku2 berkualitas yang terbit dari usaha semacam itu. Katakanlah seperti buku2 marjin kiri yang sulit kita temukan di toko buku, tetapi justru meraih penghargaan KLA 2017 kategori Prosa (Dawuk karya Mahfud Ikhwan). Semoga Bookish Journal juga bisa mewadahi kebutuhan tersebut yaa 🙂

5) Konsisten dan istikamah. Dengan berbagai dukungan dan ide2 inovatif dari teman2 di sini, saya harap portal ini bisa terus bertahan dan konsisten dengan perkembangan sastra di jagat nusantara ini. Insya Allah kami selalu mendukung perkembangan geliat2 sastra dari tatanan akar rumput ini. Siapa tahu, ke depan portal ini juga bisa bekerjasama dengan pemerintah dalam hal sosialisasi program2 sastra dan yang berkenaan dengan perkembangan literasi Indonesia. Who knows? 😉

Semangat dan sukses selalu yaa kak. Salam hangat dari Prajurit Pena Bumi Siliwangi UPI, Bandung ^_^

Regards,
@agi_eka

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: M Ginanjar Eka Arli

Admin hobinya membuang rindu. ?
Untuk video Youtube, kami akan bergabung dengan kak Grobmart.

Reginareply
February 07 at 09:02 AM

Halo bookish journal, slamat atas soft opening websitenya ya smoga makin banyak visitor yg kesini ??
Aku suka baca artikel2 Now U Know-nya bookish, sarannya agar bookish makin banyak muat artikel unik berbau buku. Misalnya fenomena aneh terkait buku (kalo ada ??) ato hal2 unik yg dialami penulis disaat menulis bukunya. Kongretnya, aku kan penggemar Harry Potter, dan aku pernah baca kalo J.K.Rowling pilih King’s Cross Station buat Hogwarts Express soalnya ortunya ketemu dikereta api dari King’s Cross. Atau kenyataan soal dongeng yg nggak banyak org tau kayak dongengnya Grimm’s Reaper gitu. Pokoknya yg unik2 tentang buku,ato perpustakaan gitu. Gitu aja sih hehehe. Sama tampilan web masih kurang eye catching, mungkin bisa dikasih warna kalem yg pas.
Makasih min atas kuisnya ??

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Regina

Admin suka baca dongeng yang versi aslinya. Sadis. *malah cerita ?*

Nurireply
February 07 at 11:02 AM

Hulla Bookish Journal Event, sebelumnya selamat untuk soft openingnya. aku begitu tertarik ketika ad aportal yang membicarakan tentang dunia buku atau perbukuan. jadi, untuk mereka yang minim akan dunia buku bisa mendapat wawasan lebih kedepannya dari protal ini.

dan untuk saran, berhubung bookish jounral ini masih baru. mungkin bukan saran yang aku berikan lebih sekedar mengingatkan, jika tujuan awal website ini tentang dunia perbukuan, aku berharap admin2 di sini konsisten tentang al tersebut. bukan sekedar untuk promosi, melainkan juga sebagai wadah untuk menambah wawasana kan dunia perbukuan. entah berupa artikel tips dan trik. info terkini seputar buku, atau mungkin bisa pembahasan tentang penulis. jika berbicara dunia buku kan tidak hanya bukunya saja dibicarakan bukan? namun dibalik buku itu seperti penulis, penerbit, editor dll. yang mungkin bisa dibahas secara unik di sini. agar kita lebih tahu nih, bagaiaman proses di baliks ebuah buku sebelum menjadi buku.

overall, aku excited adanya website ini. semoga dunia perbukuan tidak lenyap dimakan zaman ya min. adanya portal ini semoga karya-karya penulis bisa tersalurkan dengan baik.

sukses selalu BoJour (Bookish Journal) semoga selalu bermanfaat untuk semua orang. dan tetap setia dengan buku yaa hihi

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Nuri

Amin, semoga tidak lenyap dimakan zaman. 😉

Yukireply
February 07 at 02:02 PM

Halooo,,,,
Selamat datang Bookish Journal!!
Seru banget deh ada portal khusus membahas segala seuatu yang berbau buku. Semoga langgeng ya,, selalu update dan menghadirkan segala sesuatu tentang buku biar para pembaca di sini update terus??
Karena aku termasuk pengguna internet menggunakan ponsel, saranku sih semoga web Bookish Journal bisa diakses secara mudah, untuk background juga aku lebih suka warna-warna kalem jangan terlalu ngejreng biar nggak sakit mata pas baca artikelnya. Sejauh ini aku suka semua pas buka web lewat ponselku.
Sukses selalu Bookish Journal!!

J Journalreply
February 07 at 04:02 PM
– In reply to: Yuki

Asyik! ?

Agatha Voniliareply
February 07 at 04:02 PM

Hai Bookish Journal, nambah satu lagi nih website tentang perbukuan dan tambah banyak lagi juga racun yang bertebaran nihhh. Yah … Puasa belanja buku adalah sebuah mitos. Eh … Kok malah curcol ya. Hehehe
Congrats ya untuk soft openingnya dan aku juga baru tahu kalau dulunya ada di grobmart.
Saranku kak kasih juga kak tips-tips cara merawat buku soalnya bukuku kertasnya mulai menguning nih kak dan udah ngelakuin berbagai cara tapi masih tetep aja nih kak kuning, bisa juga nih kak share proses penulisan sebuah buku mulai dari pemilihan tokoh dan lain sebagainya dan yang paling penting nih kak bagaimana caranya membuat seseorang jatuh hati untuk membaca sebuah buku. Karena mengajak adikku sendiri aja untuk baca buku susah bangetsss tak seindah jatuh cinta. Jatuh cinta pada buku kak maksudnya. Hehehhe Semoga websitenya makin sukses dan pengunjungnya pun bertambah. Amin.

Auliareply
February 07 at 04:02 PM

Congratulation buat soft openingnya Bookish Journal!!!
Tambah satu lagi sarana rekomendasi tentang buku. Asiknyaaa….!

Saran ya…? Hmmm, sepertinya teman-teman yang sudah posting sebelumnya sudah kasih banyak saran yang oke juga keren. Tambahan dari aku sih…. karena aku suka banget yang namanya gratisan, heheheee, jadi jangan lupa buat adain giveaway atau pun info giveaway soal buku di mana pun yaa. 😀

Sukses selalu 😉

Nurireply
February 07 at 04:02 PM

Selamat untuk soft openingnya, semoga kedepannya bisa punya banyak pembaca setia. Untuk sarannya, karena bookish journal udah punya banyak sosmed updatenya jangan cuma di salah satu tempat aja tapi tempat lain juga, bahasan bukunya kalau bisa disertai tentang penulisnya juga, sering sering update, kalu bisa jangan cuma buku yang lagi trend, tapi buku buku lama juga dibahas, segitu aja. Semoga sukses ya

Wardahreply
February 07 at 10:02 PM

Halo!

Selamat ya buat soft launching-nya! Yay! Semoga tetap update. X)

Nah, ini ada beberapa saran yang mau saya sampaikan:

1. Kategorinya bisa disederhanain nggak ya? Banyak banget banget banget pas buka web-nya. Jujur saya jadi bingung banget. ? Mungkin bisa lebih dirapiin lagi kategori yang ada di web ini. Biar lebih mudah aja pembaca cari sesuai yang diinginkan. Misalnya cukup kategori tebtang film dari buku, tips, update buku, dll. Yah intinya lebih sederhana gitu. Maksudnya bukan cuma kategori yg di-pinned di atas. Biar lebih rapi. ?

2. Artikelnya udah banyak (yay!) tapi mungkin bisa ditulis dengan lebih mendalam? Saya baca beberapa dan isinya banyak yang cuma informasi. Informasi yg juga ada di instagram dan nggak mendetail. Padahal bisa dibikin lebih mendalam gitu. Pasti bakal lebih asik kalau artikelnya mendalam. Meski tagline-nya “menyajikan berita” tapi kan namanya bookish journal ya. ?

3. Melanjutkan dari poin 2, mungkin BJ bahkan bisa buka slot kontributor dari pembaca. ? Biar pembaca juga punya kesempatan buat ikut membesarkan BJ. Pasti seru banget kan ? Bisa bannget juga kalau ajak kerja sama penerbit/penerjemah/penulis gitu. Jadi artikel di BJ exclusive bakal lebih banyak juga. ?

4. Terakhir, terus update secara konsisten. Ini saran paling penting. Karena apalah artinya web bagus tanpa diatur dengan bagus. ?

Good luck buat ke depannya BJ!

Deva aksarareply
February 07 at 10:02 PM

Hai hai hai Bookish.Journal
Congratulation for soft opening nyaa…
Terimakasih karena telah hadir diantara penikmat buku ?.
Saran yaa…
1. Selain posting tentang artikel dan berita tentang industri perbukuan, setiap minggu atau bulannya postinglah tentang kesan dan pesan dari buku yg dibaca oleh pembacanya terutama dari kalangan selebrita agar semakin menarik.

2. Mengadakan event-event tertantu dalam setiap kesempatan adalah hal yg tidak boleh dilewatkan, karena para konsumen pasti akan senang dgn adanya event, terutama yg berhadiah.

3. Pada hari-hari besar atau moment tertentu, buatlah suatu tema yang bisa membuat isi blog atau akun sosmednya tampak menarik. Untuk point ini, pasti sulit banget buat kakak adminnya, tapi saya yakin kok dengan kemampuan kakak nya. Lagipula, kami sebagai pembaca dan follower akun bookish.journal siap membantu memberi masukan apa saja buat akun ini.

4. Sering-seringlah berkontribusi dengan penulis, terutama penulis baru atau penulis yang berpengalaman.

5. Selalu tetap update kapanpun juga agar tidak diabaikan oleh followernya.

Mungkin tak banyak saran yg bisa saya berikan, karena saya sendiri bingung menuliskan segala saran yg bergelimpangan dikepala saya. Akun ini termasuk baru, takutnya entar sarannya akan jadi beban. Saya lebih senang jika 1 2 saran saya diterima dan dapat dipertimbangkan serta dilaksanakan.
Semoga ke depannya bookish journal dapat menjadi yg terbaik.

Semangat buat bookish journal. Buat para staff nya juga tetap semangat and keep healthy ya ???

Geareply
February 07 at 11:02 PM

halo, Welocome Bookish Journal!!
Wah, wah, wah, bakal seru nih ada portal sendiri bagi booklovers ^_^. Ngomongin fandome makin asyik nih. Berikut harapanku untuk bookish Journal (Ini bisa disebut saran juga kan?)
– Jadi yang paling pertama ngasih tahu berita seputar perbukuan.
– untuk background blognya pertahankan yang kayak sekarang aja. Simple, ngebacanya juga enak.
– Sering-sering ngadain even
– Boleh dong usul ada rubrik “fandom”, jadi tiap artikel yang tayang bahas profil fandom-fandom yang udah ada gitu. Misalnya Sherlockian, howlers, potter dan lain-lain. Pasti seru ni.
– Selain berita yang serius, boleh lah sekali-kali tampilin yang ala-ala showbiss gitu. Misalnya kebiasaan unik penulis A, kenapa buku A best seller di luar tapi melempem di Indonesia. Atau berita penulis A nikah :D. (Eh ini masuk ke rubrik nowyouknow bukan yak? :D)
– Pokoknya, kami berharap bookish journal jadi teman yang ramah buat booklover. salam literasi.

J Journalreply
February 10 at 09:02 AM

Terima kasih banyak atas saran-sarannya, Bookish Journalers!
Bookish Journal sudah membaca baik-baik satu persatu dan mencatatnya.
Saran kalian keren-keren. Semoga Bookish Journal dapat lebih baik dan setia menemani kalian, para penyuka buku. 😉

Leave a reply