Islamic Book Fair 2018

 

Pameran buku Islam terbesar di Asia Tenggara sudah dimulai! Islamic Book Fair (IBF) 2018 diadakan mulai dari tanggal 18 April hingga 22 April 2018 di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Pameran buku yang diadakan selama lima hari ini dimulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. IBF 2018 mengusung tema “Meraih Kejayaan Islam Melalui Literasi”, dikutip dari laman Islamic-bookfair.com tema ini dipilih karena,

 

[D]i era informasi yang begitu melimpah, dibutuhkan kecerdasaan literasi untuk memilah mana informasi yang mencerahkan mana yang sekedar sampah [dan] perhelatan IBF 2018 diharapkan akan mampu menjadi pemantik bagi lahirnya calon pemimpin umat Islam Indonesia dimasa depan.

 

Masih banyak masyarakat termakan oleh berita hoax karena belum bisa menyaring informasi sebelum mereka membagikannya lagi kepada orang lain, sehingga berita hoax dapat dengan mudah kita jumpai dan tersebar di mana-mana. Hal ini membuktikan bahwa literasi dalam masyarakat kita masih rendah. Oleh karena itu beberapa tujuan dari IBF 2018 adalah sebagai sarana media informasi, sosialisai, dan komunikasi bagi penerbit buku Islam dan memberikan akses & layanan untuk masyarakat dalam mendapatkan buku-buku Islam dari dalam dan luar negeri.

 

Pameran ini diikuti oleh 164 penerbit dengan stan yang berjumlah 274. Banyak diskon dan penawaran menarik lainnya di IBF 2018. Beberapa penerbit yang turut serta dalam pameran ini di antaranya adalah Bumi Semesta Media & Coconut Books yang hadir di Ruang Mekkah nomor 11 dengan memberikan diskon hingga 75%. Penerbit Serambi Ilmu Semesta di Ruang Mekkah nomor 33, 34, 141, dan 142. Penerbit Haru di Ruang Mekkah nomor 116. Penerbit Haru menjual bukunya mulai dari harga Rp. 10.000, diskon 20% untuk buku baru, blind date with book, dan promo belanja lainnya. Penerbit Mizan di Ruang Mekkah nomor 30, 31, 48, 49, menawarkan diskon minimal 20% untuk buku-buku best seller. Agromedia dan Gagas Media di Ruang Mekkah nomor 10, 12-14, 37-42. Kamu bisa mendapatkan diskon 10% untuk semua buku Gagas Media dan diskon tambahan sebesar 5% untuk pengguna kupon Line @GAGASMEDIA. Penerbit Gramedia Pustaka Utama berada di Ruang Mekkah nomor 84-91, memberikan diskon 20% untuk semua item dan hadir di panggung utama Hall B, mengisi acara dengan tema “Menerbarkan Ilmu melalui Tulisan” bersama Achi M dan Ryu Tri pada Kamis, 19 April. Penerbit Republika di stan SP 02 – SP 06, 83 dan 92, dan 165 menawarkan diskon sampai dengan 80%.

 

Penerbit Republika juga mengadakan bedah buku berjudul “Surabi Pesantren” dan Konser Santri pada hari Rabu, 18 April bersama KH. Adrian M. Karim, peluncuran dan bedah buku novel “I am Sarahza” bersama Hanum S. Rais, 5 pilar games pada hari Jumat, 20 April, meet n greet Asma & Helvy (peluncuran dan bedah buku “Cinta Menggerakkan Segala”, “Cinta dalam 99 Nama-Mu”) pada hari Sabtu, 21 April, peluncuran bedah buku “Pergi” bersama Tere Liye, dan “Ketika Aku Cinta Baginda Rasul” bersama kang Abik dan Tuan Guru Bajang pada hari terakhir, 22 April.

 

Beberapa acara lainnya yang diadakan di IBF 2018 meliputi bedah buku, talkshow, dan peluncuran buku. Bedah buku dilaksanakan pada hari Kamis, 19 April 2018 pukul 19.00 di panggung utama. Bedah buku bersama Haidar Bagir “Para Penentang Muhammad SAW” (KH. Fahmi Salim, MA.), “Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam” (Ahmad Syafii Ma’arif). Talkshow diadakan pada hari Jumat, 20 April 2018 “Hellomotion Couple Goal dan Cican” bersama narasumber Wahyu Aditya di Panggung Family & Kids Zone pukul 19.00. Pada hari Sabtu, 21 April 2018 diadakan peluncuran buku “Sebentang Kearifan dari Barat” bersama Oki Setiana Dewi, Dewi Sandra, Hanum S. Rais, dan Ustad Fahmi Salim pukul 16.30 di Panggung Utama.

 

Bagi Bookish Journalers yang tertarik untuk berburu buku Islam, ayo datang ke Islamic Book Fair 2018. Selain mendapatkan berbagai diskon dan penawaran yang menarik, tentunya wawasan kalian pun akan bertambah luas.

Share your thoughts