Deretan Aplikasi Ebook yang Memudahkan Pecinta Buku untuk Menikmati Bacaan

Adakah dari Bookish Journalers yang selalu membawa buku di kala sedang berpergian? Bagi para bookworm tentu hal itu menjadi kebiasaan yang melekat ya. Rasanya ada yang kurang jika sewaktu-waktu buku bacaan lupa dibawa.

Akan tetapi di zaman yang serba digital ini, buku tidak hanya hadir dalam bentuk cetak saja lho!, Buku juga hadir dalam format  digital. Electronic book yang disingkat ebook menjadi referensi lain bagi para bookworm untuk membaca dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membawa buku fisiknya.

Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi di Play Store atau Apple Store yang menyediakan ribuan ebook gratis yang menarik untuk dibaca. Berikut deretan aplikasi pilihan yang dapat menjadi pengganti buku fisik kalian. Hal ini dapat memudahkan Bookish Journalers jikalau buku ketinggalan atau ingin praktis membaca buku hanya dengan menggunakan smart phone saja.

1. AnyBooks

Anybooks merupakan aplikasi buku yang hadir dengan komitmen membangun platform yang adil, terbuka, dan tidak memihak. Aplikasi ini baru saja dirilis pada tanggal 15 Maret 2019 lalu. Dengan genre buku pilihan yang bermacam-macam seperti romance, history, self help, fantasy serta mystery.

Jelajahi buku-buku yang Bookish Journalers suka dari berbagai negara seperti Inggris, Kanada, Bengali, Punjabi, dan negara lainnya secara gratis.

2. Amazon Kindle

Aplikasi yang dikembangkan oleh amazon.com ini dirilis pada 19 November 2007 yang dahulu hanya dapat diakses oleh negara Amerika Serikat, namun sejak 28 Juli 2010 sudah dapat diakses oleh lebih dari 100 negara di muka bumi. Amazon Kindle sudah dilengkapi dengan kamus, Google, serta Wikipedia Kindle yang dapat memudahkan pembacanya ketika menemukan kosakata yang sulit dipahami.

Selain itu, Amazon Kindle juga memiliki fitur web browser yang bisa dibuka melalui laptop atau komputer serta MP3 player untuk mendengarkan musik yang bisa langsung digunakan tanpa headset karena telah tersedia loudspeakernya.

3. iPusnas

Aplikasi perpustakaan digital yang bernama iPusnas ini persembahan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Aksamaraya selaku pengembang aplikasi. Setiap harinya Bookish Journalers dapat meminjam maksimal 3 buah buku sesuai dengan genre kesukaan kalian. iPusnas rilis pada tanggal 14 Agustus 2016.

Perannya sebagai perpustakaan digital dilengkapi dengan fitur-fitur media sosial. Bookish Journalers dapat menggunakan iPusnas untuk terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya. Selain itu, dapat juga memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca serta menyampaikan ulasan buku di dalam aplikasi tersebut.

4. ePerpus

Layanan perpustakaan digital bernama ePerpus ini memberi akses kepada anggota untuk meminjam dan membaca buku, majalah, serta koran digital untuk kebutuhan internal instansi/perusahaan.

ePerpus telah rilis sejak tanggal 23 Februari 2017 dengan menyediakan buku-buku dari penerbit terbaik seperti Gramedia Pustaka Utama, Mizan Publika, dan penulis terbaik seperti Tere Liye, Eka Kurniawan, John C. Maxwell, dan penulis buku terpopuler lainnya.

Untuk ketersediaan buku, majalah, maupun koran di setiap katalog tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan/institusi yang menjadi klien di ePerpus.

5. iJakarta

Aplikasi iJakarta yang telah resmi pada tanggal 6 Desember 2017 ini dibuat menyenangkan karena Bookish Journalers dapat membacanya secara daring maupun luring. Aplikasi iJakarta ini dipersembahkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta dan pengembangan aplikasinya yang serupa dengan iPusnas yaitu dari Aksamaraya.

Tersedia berbagai macam buku, mulai dari sejarah, pendidikan, hingga novel bisa dibaca di iJakarta. Buku-buku ini batas waktu peminjamannya lebih lama satu hari dibanding iPusnas yaitu selama 4 hari lamanya.

Dengan deretan aplikasi ebook pilihan ini, membaca buku jadi makin praktis dan menyenangkan. Selamat membaca Bookish Journalers!

Penulis: Ayu Pratiwi

Editor: B. Romansha

Share your thoughts