Tips Membeli Buku Saat Ngabuburead di Toko Buku

Hai, Bookish Journalers! Memasuki bulan Ramadan, ada satu kebiasaan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, yup! Ngabuburit. Biasanya ngabuburit diisi dengan kegiatan seperti berjalan-jalan atau mencari jajanan takjil.

Tetapi jika waktu ngabuburit terus diisi dengan jalan-jalan saja, pasti membosankan bukan? Nah, buat kamu yang hobi baca buku sebenarnya bisa mencoba untuk ngabuburit dengan berjalan-jalan ke toko buku.

Sebelum beli bukunya, yuk simak tips berikut ini.

1.Beli sekarang atau nanti?

Sesampainya di toko buku pasti kita dikelilingi oleh banyak buku baru yang menarik. Tapi kamu tidak perlu langsung beli. Coba lihat dulu beberapa hari ke depan. Pikirkan dengan baik dan buatlah daftar buku prioritas. Siapa tahu kamu bisa membelinya di lain waktu karena buku itu tidak terlalu dibutuhkan.

2. Apa budget-nya sudah terkumpul?

Sebelum memastikan untuk membeli buku atau tidak, lihat dulu isi dompet kamu. Jangan sampai kehabisan uang gara-gara membeli banyak buku, tetapi setelah itu masih banyak kebutuhan yang lain.

3. Coba baca sebagian buku yang kamu mau beli.

Di toko buku biasanya sudah tersedia sampel buku yang segelnya sudah dibuka. Nah sebelum memutuskan untuk membeli, maka cobalah untuk membaca sebagian bukunya. Mulai dari sinopsis, siapa penulisnya, dan temukan hal-hal menarik dari bukunya.

4. Baca dulu reviewnya.

Sebelum berangkat ke toko buku, kamu juga bisa mencoba membaca reviewnya. Jadi, saat sampai ke toko buku kita sudah tahu judul buku apa saja yang akan dibeli. Hal ini juga bisa menghindari kita dari kalap belanja buku. Ohiya, kalian bisa baca review buku di bookishjournal.com juga lho!

5. Bukan terpengaruh bestseller.

Toko buku biasanya memajang buku bestseller di bagian depan. Hal ini yang biasanya mempengaruhi pengunjung untuk membeli buku bestseller tersebut. Tapi sangat disarankan untuk tidak selalu terpengaruh oleh buku bestseller. Terkadang buku yang bestseller tersebut bukan yang kamu butuhkan.

6. Jangan melihat dari cover.

Memang ketika datang ke toko buku pasti kita akan terkecoh dengan cover buku yang menarik dan memikat mata. Belum lagi warna covernya yang terkadang juga senada dengan warna favorit kamu. Tapi cobalah tahan nafas dan hentikan kebiasaan membeli buku hanya dari tampilan covernya saja.

Yuk coba tips-tips tersebut ya sebelum beli buku. Ingat, sisakan uang kamu untuk kebutuhan lebaran nanti…

Penulis: Artrias Setiawan

Editor: B. Romansha

Share your thoughts