Kelahiran Novel Perdana Joko Pinurbo yang Berjudul Srimenanti

Srimenanti (2019) karya Joko Pinurbo

Joko Pinurbo merupakan seorang penyair berusia 56 tahun, namanya sudah terkenal lewat bait-bait puisi yang ditorehkannya dalam berbagai buku. Kepiawaiannya sudah tidak diragukan lagi dalam hal berpuisi. Ratusan puisi telah tercipta. Sejumlah bukunya yang telah terbit adalah Celana, Di Bawah Kibaran Sarung, Telepon Genggam, Kekasihku, dan Tahilalat.

Penyair yang berdomisili di Yogyakarta ini telah meraih berbagai macam penghargaan, yaitu Penghargaan Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta (2001), Sih Award (2001), Hadiah Sastra Lontar (2001), Tokoh Sastra Pilihan Tempo (2001, 2002), dan berbagai macam penghargaan lainnya. Joko Pinurbo juga sering diundang ke berbagai pertemuan dan festival sastra. Karya-karyanya telah diterjemahkan  ke dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Mandarin. Beberapa puisinya juga telah dimusikalisasikan oleh Oppie Andaresta dan Ananda Sukarlan.

Jokpin, begitulah sapaannya, kali ini akan meluncurkan buku terbarunya. Namun, buku yang akan diluncurkan bukanlah buku kumpulan puisi seperti biasanya, tetapi berupa novel. Kabar tersebut diumumkan oleh akun Instagram Gramedia Pustaka Utama (GPU) yang juga  penerbit dari buku terbaru Jokpin.

Sejak kabar mengenai buku terbaru Jokpin yang berjudul Srimenanti ini beredar, penggemar dibuat penasaran dengan kehadiran novel satu ini. Sebagai seorang penulis, ia rajin menabung tulisan, ide, kalimat, atau hanya sebaris puisi yang ia simpan di dalam ingatan atau laptop.

Lewat peluncuran perdana novel Srimenanti pada tanggal 31 Maret 2019 di Yogyakarta lalu, ia menerangkan bahwa naskah novel ini telah ditabung kira-kira 15 tahun lamanya. Novel Srimenanti dirangkai Jokpin selama kurang lebih 3 bulan. Dari hasil tabungannya inilah ia merangkainya  menjadi sebuah novel.

Bermula dari provokasi dari teman-temannya dan tim penerbit dari GPU, maka lahirlah Srimenanti yang akan beredar resmi di toko buku pada 8 April 2019. Sebuah novel yang terinspirasi dari sebuah puisi Sapardi Djoko Damono yang berjudul Pada Suatu Pagi Hari.

Akankah novel ini berisikan perpaduan narasi, humor, dan ironi seperti layaknya genre buku Jokpin terdahulu? Tunggu dan langsung masukkan bukunya ke keranjang belanja Bookish Journalers setelah novel ini terbit ya!

Penulis: Ayu Pratiwi

Editor: B. Romansha

Share your thoughts