Adult Literature dan Penerbit

Seperti yang kita tahu, buku bacaan memiliki banyak genre. Di antaranya, teenlit, young adult, new adult, chick lit, romance, dan lain-lain. Dari genre tersebut, ada yang ditujukan hanya untuk pembaca dewasa.
Hal ini bisa karena beragam hal. Misalnya, konflik atau masalah yang dialami tokoh utama pada cerita itu adalah masalah yang berat untuk dipahami pembaca yang berusia lebih muda. Atau, masalah tersebut memang umum ditemui pembaca dewasa.
Selain dari konfliknya, penyebabnya bisa di buku itu terdapat adegan yang hanya pantas dikonsumsi orang dewasa. Bisa juga secara bahasanya yang tidak baik untuk pembaca yang lebih muda.

Di Indonesia sendiri, banyak penerbit yang menyajikan genre beragam. Di antara genre mereka, ada yang untuk pembaca dewasa. Berikut ini sebagian penerbit tersebut beserta contoh bukunya.

Gramedia Pustaka Utama

Gramedia Pustaka Utama (GPU) memiliki beberapa label untuk novel dewasanya. Untuk novel lokal, mereka punya lini Metropop dan Amore. Metropop untuk cerita kehidupan urban dan biasanya tokohnya “dikenai” konflik pekerjaan. Sementara Amore, lebih pada cerita manis dan seringnya konflik rumah tangga atau menuju ke jenjang sana.
Dari novel terjemahan, GPU menerjemahkan dari genre new adult, chick lit, maupun harlequin. Untuk genre new adult dan chick lit, GPU tidak memasukkannya ke dalam lini khusus, tetapi memberikan label “Novel Dewasa” di sampul belakangnya.
Salah satu buku yang telah mereka terjemahkan adalah 9 November, karangan Colleen Hoover.

9 November menceritakan Ben (ingin menyelesaikan novelnya) dan Fallon (ingin menjadi aktris). Lewat perkenalan yang unik, mereka mulai berhubungan. Namun, membuat perjanjian. Mereka hanya akan bertemu setahun sekali, pada 9 November, dan di antara itu tidak saling kontak. Ben berusaha menuliskan kisah mereka menjadi karya dan Fallon berusaha mengejar mimpinya. Namun, perasaan rupanya mulai terlibat. Dan, ada rahasia yang tidak diketahui salah satunya.

Elex Media Komputindo

Penerbit Elex Media juga banyak menerjemahkan novel-novel dewasa. Beberapa lininya, yakni historical romance dan contemporary romance. Salah satu penulisnya adalah Christina Lauren. Lauren sering menulis novel seri dengan sasaran pembaca dewasa. Seri yang telah diterjemahkan Elex adalah seri Beautiful. Judul-judulnya yang telah terbit, yaitu Beautiful Bastard, Beautiful Player, Beautiful Stranger, dan Beautiful Secret. Buku kelimanya pun telah terbit dengan judul Beautiful.

Di novel ini, Pippa dan Jensen masing-masing dilukai masa lalu. Mereka bertemu pada liburan bersama. Pippa yang cerewet awalnya membuat Jensen terganggu. Namun, teman-teman mereka seolah ingin mereka bersatu lewat liburan itu.

Roro Raya Sejahtera

Roro Raya Sejahtera adalah penerbit yang lumayan baru. Namun, buku yang terbit telah cukup banyak dan kerap pula mengadakan lomba menulis novel. Kebanyakan buku-buku dari penerbit ini merupakan novel dewasa, tetapi ada juga lini Roroteen untuk novel remajanya. Ada tiga novel dewasa yang sedang buka pre-order bulan Januari ini.
Pemesanan ini menyediakan edisi bertanda tangan serta bonus keychain atau sticky note, lho.
Kamu bisa ikut PO di sini.

Ini adalah ketiga novel itu

Burn Baby Burn – Christian Simamora

Siapa yang belum pernah dengar nama abang Tian? Sudah, dong? Terkenal dengan novel-novel dewasanya, karya Tian sudah banyak di toko. Kali ini, cerita yang diangkat adalah tentang Gia dan Ky. Tak tanggung, Gia ingin cerita cintanya seperti kisah-kisah di Wattpad.

Man Candy – Indah Hanaco

Indah Hanaco juga pernah dengar, dong? Salah satu penulis produktif, nih! Novel Man Candy adalah pemenang kompetisi menulis dari penerbit. Temanya sweet & spicy romance. Yang jelas, ada mantan yang kembali, nih. Dan, percakapannya so sweet banget.

Baby Daddy – Dahlian

Dahlian? Tahu juga, dong? Buku terbarunya punya tokoh seorang pria tanpa istri yang harus mengurus seorang anak. Mau tak mau, dia minta bantuan wanita tetangganya yang tak akur. Wanita ini menyayangi bayi tersebut, tetapi dia mulai dipenuhi banyak pertanyaan. Dan, perasaan.

 

 

Sumber gambar: Goodreads & Twigora

Share your thoughts