9 Film Adaptasi Novel yang Akan Meramaikan Bioskop Indonesia 2019

Hai Bookish Journalers! Saat ini penggemar novel di Indonesia terus bertambah. Bahkan tidak tanggung-tanggung, karena selalu hadir penulis novel yang baru debut setiap bulannya. Industri literasi terus berkembang dan semakin banyak pembaca muda yang tertarik dengan novel berbagai genre. Peluang ini juga tidak dilewatkan oleh industri film, karena sejak beberapa tahun ini memang film adaptasi dari novel juga memiliki penggemar sendiri.

Katakan saja seperti novel Dilan yang diangkat ke dalam layar lebar. Baru keluar saja penonton sudah menggebrak bioskop di Indonesia. Penonton filmnya bukan hanya yang belum membaca novelnya, tapi yang sudah membaca juga.

Tidak ketinggalan, karena setelah Dilan muncul beberapa pegiat industri film juga sudah melirik beberapa judul novel yang siap dijadikan film. Nah, siap-siap saja untuk menantikan kisah novel dalam film yang siap buat hati super baper. Mau tahu film adaptasi novel apa saja itu? Ikuti infonya di bawah ini.

  1. Sin dan Invalidite karya Faradita
Sin: God Hates the Sin, Not the Sinner karya Faradita
Invalidite: The Bridge of Perfection karya Faradita

Khusus untuk novel yang ditulis oleh Faradita ternyata penggemar akan menikmati dua novelnya yang akan dijadikan film, yaitu Sin dan Invalidite. Rumah produksi Falcon Pictures yang baru saja sukses dengan film Dilan akan mengangkat dua film ini.

Novel Sin menceritakan kisah tentang si play girl Ammeta Rinjani dan cowok pendiam Raga Angkasa. Dua karakter ini berlawanan dan memiliki misi yang berbeda. Sementara itu Invalidite memiliki tokoh utama bernama Dewa Pradipta yang bersifat arogan yang mau menaklukkan cewek kuno dan pemalu, Pelita Senja.

Dua cerita ini memiliki alur yang sangat kuat dan inilah yang membuat Falcon Pictures mau mengangkat ke layar lebar. Novel yang diawali dari cerita bersambung dalam Wattpad ini mendapatkan pembaca lebih dari 19 juta kali. Faradita sendiri sebagai penulisnya seakan tidak percaya tapi itulah kenyataannya.

Sejak ada info kalau novel ini akan dijadikan film banyak penggemar yang mulai berspekulasi, siapa yang paling cocok memerankan karakter dalam novel. Banyak sekali yang mengusulkan mulai dari Derby Romero, Ammar Zoni, Pamela Bowie, Prilly Latuconsina dan masih banyak lagi. Falcon Pictures juga mengadakan kuis bagi penggemar. Tapi sampai saat ini ternyata belum ada bocoran, siapa yang akan jadi pemerannya dan kapan tepatnya film akan meluncur di layar bioskop.

2.    Senior karya Katakokoh

Senior karya Katakokoh

Novel Senior dari Katakokoh yang sudah mendapatkan banyak penggemar sejak muncul di Wattpad sampai dibaca lebih dari 17 juta kali, ternyata juga akan diangkat ke layar lebar loh. Pembaca pastinya sudah super baper dengan kisah dari Nakula , si cowok cool tapi sadis itu. Novelnya sendiri sudah terjual lebih dari 25 ribu eksemplar dan kemungkinan masih akan terus bertambah.

Novel yang diterbitkan oleh Pastel Books ini, filmnya akan diproduksi oleh Mizan Production. Mengenai aktris dan aktor yang akan memerankan tokoh Nakula dan Akula memang masih jadi spekulasi penggemar.

Sementara si penulisnya sendiri Katakokoh menggunakan cast Manu Rios sebagai Nakula dan Amanda sebagai Aluna. Ya, mungkin penggemar bisa membayangkan jika yang jadi Nakula itu pantasnya seperti Ahmad Al Ghazali atau Giulio Parengkuan. Tapi tenang ya,,,karena sampai sekarang belum ada bocoran siapa yang akan jadi Nakula dan Aluna. Wah ditunggu saja ya,,,

3.    Resign karya Almira Bastari

Resign karya Almira Bastari

Selanjutnya ada novel Resign karya Almira Bastari. Novel ini sempat meramaikan pasar buku di Indonesia karena judulnya yang cukup menarik. Pembaca yang belum pernah mengikuti tulisan Almira Bastari di Wattpad pasti berpikir kalau novel ini menyuruh untuk keluar kerja.

Karena mendapatkan respon yang sangat baik dari pasar akhirnya novel ini akan difilmkan oleh Soraya Intercine Films. Pembaca pasti sudah menunggu siapa artis yang akan memerankan Carlo, Tigran, Karenina, Alranita dan Andre. Tapi sampai saat ini memang belum ada bocoran dari pihak produksi  film.

Yang jelas sih film yang menceritakan kisah pekerja kantoran milenial yang disebut cungpret ini pasti seru. Karena memang novel yang mengusung tema komedi ini akrab dengan kehidupan generasi milenial, terutama yang menjadi pekerja kantoran.

4.  Mariposa karya Luluk HF

Mariposa karya Luluk HF

Di tahun 2018 penggemar novel dibuat super baper dengan novel Mariposa dari penulis Luluk HF. Novel dengan genre komedi romantis ini awalnya memang dipublikasikan di Wattpad. Sejak muncul di Wattpada novel ini mendapatkan sambutan yang luar biasa, bahkan sudah dibaca lebih dari 78,7 juta kali. Bisa dikatakan, ini menjadi tulisan dengan jumlah pembaca terbanyak di Indonesia.

Novel ini mengangkat cerita yang akrab dengan kehidupan anak-anak SMA sekarang ini. Ceritanya juga cukup unik karena ada tokoh Acha, seorang cewek yang bertekat mendapatkan cinta dari Iqbal, si tokoh pria yang tidak pernah mengizinkan perempuan masuk hatinya. Tidak hanya kisah tentang cinta karena ada juga cerita galaunya anak akhir SMA yang berjuang masuk universitas.

Novel yang diterbitkan oleh Coconut Books ini juga selalu menjadi best seller di berbagai toko buku di Indonesia. Rumah produksi Starvision sudah mengontrak cerita Mariposa untuk difilmkan. Proses produksi film sudah dimulai bulan Maret dan April. Film yang akan disutradarai oleh Fajar Bustomi dan skenario ditulis oleh aphang_alimsudio rencananya mulai tayang di bioskop pada bulan November 2019.

Wah kita tunggu saja ya, siapa yang akan jadi pemeran Acha dan Iqbal di film Mariposa.

5.    Death on The Nile karya Agatha Christie

Death on the Nile karya Agatha Christie

Film Death on The Nile yang menjadi sekuel dari Murder on the Orient Express dikabarkan akan dirilis di bioskop Amerika Serikat pada tanggal 20 Desember 2019. Tentunya penggemar novel misteri Agatha Christie pasti sudah menunggu film ini.

Novel ini menceritakan Linnet Doyle, seorang pewaris super kaya yang terbunuh dalam pelayaran mewah di Sungai Nil. Peristiwa itu terjadi setelah perselisihan dengan temannya Jacqueline de Bellefort. Ada bocoran jika adegan dalam film kemungkinan akan berbeda dengan cerita dari novelnya sendiri, terutama pada bagian akhir .

Lalu tentang siapa pemain dalam film ini memang masih simpang siur. Tapi dikabarkan kalau Kenneth Branagh yang juga menjadi sutradara film ini akan menjadi tokoh Hercule Poirot. Kemudian dikonfirmasi sendiri oleh Kenneth Branagh, kalau Jodie Comer, Armie Hammer dan Gal Gadot juga akan menjadi pemeran utama dalam film ini.

6.    Little Women karya Louisa May Alcott

Little Women karya Louisa May Alcott

Novel Little Women yang ditulis oleh Louisa May Alcott memang selalu menjadi novel klasik yang disukai dari waktu ke waktu. Sebuah film remake disiapkan dan akan ditayangkan pada tanggal 25 Desember 2019. Greta Gerwig menjadi sutradara yang dipercaya untuk menggarap film yang sudah dinantikan ini. 

Sejak bulan Juni 2018 pihak produsen sudah mengumumkan ada banyak artis besar yang terlibat dalam karya ini. Sederet bintang seperti Meryl Streep, Emma Watson (menggantikan Emma Stone), Saoirse Ronan, Florence Pugh, Timothée Chalamet, Eliza Scanlen, James Norton, dan Laura Dern akan menjadi tokoh-tokoh dalam film adaptasi ini.

Meskipun proses produksi sudah dimulai ternyata masih ada artis yang dikonfirmasi bergabung juga dalam Little Women. Seperti yang dikatakan oleh New Regency Pictures bahwa Abby Quinn, Bob Odenkirk, Chris Cooper dan Louis Garrel siap untuk meramaikan cast dalam film ini.

Novel yang juga menceritakan masa kecil penulisnya bersama tiga saudara perempuannya ini memang selalu mendapatkan pujian. Berlatar di rumah keluarga Alcott pasti banyak yang penasaran bagaimana kisah Meg, Jo, Beth, dan Amy March. Jadi film ini memang pantas dinantikan ya…

7.   The Sun is Also a Star karya Nicola Yoon

The Sun is Also a Star karya Nicola Yoon

Siapa yang belum baca novel Nicola Yoon yang berjudul The Sun is Also a Star? Novel remaja yang menceritakan kisah Natasha Kingsley dan Daniel Bae ini memang sangat luar biasa. Ceritanya cukup kompleks karena petualangan Natasha dalam sehari di New York sebelum di deportasi ke Jamaica. Pertemuan dengan Daniel Bae melengkapi kisah Natasha yang berakhir dengan penuh kenangan.

Kisah ini layak ditunggu dan akan ditayangkan pada bulan Mei 2019. Film ini disutradarai oleh Ry Russo Young dan skenario ditulis oleh Tracy Oliver. Artis Yara Shahidi akan memerankan tokoh Natasha Kingsley yang dipasangkan dengan Charles Melton sebagai Daniel Bae.

Penggemar akan melihat apakah kisah kedua tokoh ini bisa diadaptasikan dengan baik di filmnya. Semoga saja The Sun is Also a Star juga tayang di Indonesia.

8.    Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer akan meramaikan bioskop Indonesia 2019. Film ini digarap oleh Hanung Bramantyo dan diproduksi oleh rumah film Falcon Pictures.

Proses pembuatan film sudah dimulai sejak Juli 2018 di Yogyakarta yang sesuai dengan latar cerita dalam novel Bumi Manusia. Iqbal Ramadhan, Sha Ine Febriyanti, Mawar Eva dan Ayu Laksmi yang menjadi bintang dalam film ini juga sudah melakukan proses syuting.

Cerita utama dalam film ini dibuat sangat pas dengan novelnya. Yaitu kisah Minke yang menjadi warga pribumi satu-satunya yang bersekolah di HBS dan kisah cintanya dengan Annelies . Perjalanan Bumi Manusia sampai siap difilmkan ini ternyata tidak mudah.

Novel ini sempat dilirik oleh Oliver Stone untuk dijadikan film namun tidak direstui oleh Pramoedya Ananta Toer. Kemudian ada Riri Riza dan Mira Lesmana yang juga tertarik tapi belum berhasil. Hingga akhirnya pada tahun 2015 Falcon Pictures membeli hak adaptasi novel ini. Mempercayakan Hanung Bramantyo sebagai penggarap film ini rasanya juga tidak salah. Penikmat film Indonesia sudah melihat bukti karyanya dalam film bertema sejarah dalam Sang Pencerah dan Kartini.

Nah itulah beberapa novel yang diadaptasi menjadi film. Kalau Bookish Journalers sudah baca novelnya siap-siap saja ya,,,nah untuk yang belum, masih ada waktunya kok buat baca.

Penulis: Artrias Setiawan

Editor: B.C. Romansha

Share your thoughts